Waspada, Info BMKG Lampung Bakal Dilanda Hujan Deras dan Angin Kencang

28

Lampung24jam.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya fenomena angin kencang yang bakal melanda Lampung dalam tiga hari kedepan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak seperti pohon tumbang lantaran kecepatan angin diperkirakan hingga mencapai 46 knot.

“Kita prakirakan 3 hari kedepan masih berpotensi (angin kencang),” kata Rudi Hariyanto, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, kepada awak media, Jumat (21/2/2020).

Rudi menjelaskan berdasarkan analisa sementara penyebab angin kencang di Lampung yakni terjadinya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan antara Belahan Bumi Utara (BBU) di sekitar daratan China dan Belahan Bumi Selatan (BBS) di wilayah Australia.

“Hal ini berdampak angin berhembus kencang dari BBU menuju BBS dan wilayah Lampung salah satu yang dilewati,” jelas Rudi.

Dari hasil pantauan radar cuaca BMKG, lanjut Rudi, angin kencang melintasi wilayah Lampung Utara, Lampung Tengah, Pesawaran, Lampung Selatan, hingga Bandar Lampung. “Kecepatan (angin) paling besar mencapai lebih dari 24 m/s atau 46 knot,” ungkapnya.

Rudi mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan seperti pohon tumbang.

“Imbauan kami, bagi masyarakat supaya hati-hati terhadap ranting pohon yang menjalar hingga ke jalan dan segera lakukan pemangkasan. Atau lakukan penebangan pada pohon tua yang bisa membahayakan masyarakat,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here