Pesona Menawan Suoh, Pariwisata Andalan Lampung Barat

69

Lampung24jam.com, Lampung Barat – Suoh merupakan sebuah kecamatan  terpencil yang ada di Lampung Barat, dimana di dalam nya terdapat kekayaan alam yang sangat melimpah dan keindahan alam yang sangat mempesona. Suoh berada di daerah Lampung Barat yang berjarak berkisar antara 250 km dari Kota Bandar Lampung. Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat memiliki potensi wisata yang cukup bagus berupa panas bumi yang setiap saat airnya mengeluarkan gelembung dan letupan serta empat buah danau berukuran cukup luas.

Untuk menuju ke Suoh dari Bandar Lampung bisa melalui dua jalur alternatif. Pertama, dari Liwa, Ibu Kota Lampung Barat, melalui Kecamatan Sekincau atau Kecamatan Batu Brak. Alternatif kedua, dari Kota Agung, Tanggamus, melalui Wonosobo, Banding, dan tiba di Suoh dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Bila lewat Lampung Barat justru lebih lama, bisa sampai 7 jam.

Saat ini jalan menuju Suoh sudah mulai bagus. Sebagian sudah dibeton, dan sebagian jalan aspal dan berbatu. Namun masih tetap nyaman dan aman untuk dilewati. Membayangkan beberapa tahun sebelumnya, jalan menuju Suoh sangat jelek masih berupa tanah merah. Bila hujan, ban mobil harus menggunakan rantai agar bisa melewati jalan tanah tersebut.

Objek Wisata Alam Suoh yang eksotis nan magis berada di Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Tepatnya di bagian tengah sebelah timur Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Ia terbentuk dari letusan Gunung Ratu tahun 1933. Ada 4 danau berdekatan dan hanya dipisahkan oleh padang rumput (savana) dan rawa.

Berikut ini wisata unggulan yang ada di Suoh:

1. DANAU LEBAR

Danau ini diinformasikan memiliki luas sekitar 65 hektare. Danau Lebar semua adalah Danau yang paling luas yang membentuk hamparan air di kaki bukit hingga permukiman setempat. Namun danau ini kini makin menyempit antara lain karena sedimentasi. Danau yang lebih luas adalah Danau Asam.

Danau Lebar memiliki air jernih namun bila dilihat dari kejauhan pada saat cerah berwarna biru pekat. Pada Danau ini terdapat sebuah pulau yang berada di tengah danau. Pulau itu disebut dengan Pulau Lebar dimana pada pulau ini dipenuhi pepohonan.

 

2. DANAU MINYAK

Danau ini dengan luas sekitar 15 hektare. Danau ini nampak seperti ada minyak di permukaan airnya sehingga dinamai danau minyak. Selain berbau seperti minyak tanah “namun saat ini menurut warga setempat bau minyak ini kian menghilang” lapisan air di atas tak mau bercampur dengan lapisan bawahnya.

Didekat Danau Minyak ini ada dataran yang tinggi sehingga anda bisa leluasa memandang keseluruhan kawasan Danau Souh. Di danau ini telah dibangun spot untuk berfoto oleh masyarakat sekitar. Spot tersebut berbentuk jembatan yang terbuat dari bambu. Dataran tinggi ini juga cocok untuk dijadikakn tempat berfoto karena cakupan pemandangannya luas.

Source: IG @travelipiknik_liwa

 

3. DANAU ASAM

Luas Danau Asam sekitar 85 herktare yang terdapat pasir kuning di tepi danau ini. Dinamakan Danau Asam karena airnya memang terasa asam.

Jika ingin menuju Keramikan dengan berperahu di Danau Asam, kita akan menyusuri pinggiran danau berupa padang rumput. Dan akan melewati sumber air panas sebelum sampai di titik awal trekking menuju Keramikan. Berperahu hanya sekitar 5 menit, tidak lama.

Source: IG @ikbalkurnwn

 

4. DANAU BELIBIS

Danau ini disebut sebagai danau belibis karena disini digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat berkembang biak burung belibis.

5. PADANG SAVANA

Pada daerah pertengahan antara 3 danau terdapat hamparan padang savana yang ditumbuhi ilalang hijau, mirip bukit Teletubbies sungguh indah pemandangannya. Hamparan Padang Savana yang menghijau, sejauh mata memandang kita hanya akan melihat kombinasi hijaunya rumput ilalang dan birunya langit yang elok amat menyegarkan pandangan mata.

Source: IG @anggunwjynt

 

6. KAWAH NIRWANA

Kawah Nirwana Suoh merupakan kaldera gunung berapi yang masih aktif. Denga luas mencapai 128 kilometer persegi, Kawah Nirwana Suoh memiliki potensi geothermal yang cukup tinggi. Sehingga, kawah yang masuk dalam bagian Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini memiliki mata air panas yang cukup luas.

Kawah Nirwana Suoh sendiri menawarkan pesona wisata kawah yang sangat cantik. Warna biru toska mendominasi bagian permukaan dari Kawah Nirwana Suoh, dengan asap yang nggak pernah berhenti mengepul. Meski cukup berbahaya, tiap pengunjung yang main ke Kawah Nirwana Suoh punya kesempatan buat mendekat. Tetapi, harus dengan arahan dan sepengetahuan para tour guide yang bertugas di Kawah Nirwana Suoh.

Source: IG @endangguntorocanggu

7. KERAMIKAN

Keramikan Suoh berupa lahar yang mengeras, sehingga membentuk seperti semen yang berdekatan dengan sumber air panas dari bumi. Keramikan Suoh merupakan dataran yang berasal cairan dan pasir sulfur dari sumber panas Suoh yang sudah mengendap bertahun-tahun lamanya.

Warnanya yang putih kekuningan dan agak transparan membuatnya dijuluki Keramikan (keramik). Ketebalannya bervariasi, ada yang puluhan meter tapi ada yang tipis hanya seberapa sentimeter saja. Karena itu, untuk melewati ini dibutuhkan pemandu lokal yang sudah hapal jalur agar menghindari terperosok ke dalam aliran air panas yang sangat berbahaya. Namun Terlepas dari itu semua Fenomena aktivitas kawah dari sumber panas bumi keramikan ternyata menyimpan pesona menakjubkan bagi pengunjungnya.

Menurut masyarakat setempat, batuan ini berlapis-lapis dan bertambah luas. Di bawah hamparan yang mengeras seperti menyimpan sumber air panas yang tak pernah habis dan terus meletup-letup, pada beberapa bagian ada yang berukuran besar membentuk kubangan atau kolam, dan yang kecil serta mengalirkan air hangat.

Source: IG @alfathoniyusuf

Suoh sangat indah dan mengagumkan bukan? Yuk, segera agendakan liburan kalian untuk menikmati keindahanya. Jangan lupa juga memberikan komentar mengenai keeksotisan tempat wisata yang ada di Lampung ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here