100 Warga Mesuji Diduga Keracunan Nasi Punjungan

61

Lampung24jam.com, MESUJI – Nasib naas dialami oleh sekitar 100 warga yang mengalami keracunan setelah menyantab nasi punjungan dari seorang warga yang hendak mengadakan pesta hajatan, yakni warga Desa Labuhan Indah Kecamatan Wayserdang Kabupaten Mesuji, Lampung, Minggu 08/03/2020.

Adapun 100 warga yang mengalami keracunan 68 orang merupakan warga Desa Bumiharapan, 25 orang Warga Labuhan Indah dan 7 Indraloka Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Menurut Bidan yang menangani warga keracunan di Desa Bumi Harapan, Lina, warga yang diduga mengalami keracunan sebagian besar dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif karena mengeluhkan pusing, mual-mual dan muntah, diare dan demam.

“Dugaan sementara akibat menyantap nasi punjungan yang diantar ke rumah warga oleh pihak yang akan hajatan. Total warga yang berobat sebanyak 100 orang dengan keluhan yang sama,” katanya.

Warga yang dapat nasi punjungan dalam resepsi hajatan itu, menyantap nasi punjungan yang dibagikan pemilik hajatan, mulai merasakan pusing mual dan diare pada Sabtu (7/3) malam.

Namun kondisi beberapa warga semakin parah sehingga harus dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan penanganan medis.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Rawat Inap Buko Puoso, Hendrik mengatakan, saat ini sejumlah petugas telah diturunkan ke lokasi keracunan untuk meminta keterangan dari warga dan memastikan penyebab terjadinya keracunan serta mengamankan sampel makanan punjungan dengan menu, nasi, ayam tahu dan mie kering itu.

Sampai saat ini, warga yang diduga keracunan itu, menjalani perawatan, sementara atau observasi di puskesmas guna memulihkan kondisi tubuhnya.

“Sebagian besar mengalami diare dan mual. Kami belum bisa memastikan penyebab keracunan dari makanan atau ada faktor lain,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here