Persma IAIN Metro Siap Lahirkan Jurnalis Kritis dan Idealis

32

Gayabarunews.com, Metro – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Kronika menggelar Orientasi Calon Magang (OCM) II, bertemakan Merekrut Jurnalis Kritis dan Idealis, di gedung Ibnu Maskawaih, Lt. I ruang I, Sabtu (14/03). Acara ini akan dilaksanakan dua hari yakni Sabtu dan Minggu mendatang.

OCM adalah Salah satu ajang rekrutmen untuk menjadi anggota tetap kronika, diselenggarakan dua kali dalam setahun, di semester ganjil dan genap.

Materi hari pertama sejarah Kronika, diisi oleh Rosyadi Ahmad, materi kedua yakni Sembilan Elemen Jurnalistik diisi Ririn Erviana, dan materi ketiga Teknik Menembus Narasumber yang diisi oleh Muliyati.

Dedi Irwansyah, pembina UKPM Kronika, menuturkan, magang diibaratkan dapat membawa sebuah kapal yang akan berlayar ke tujuan, “Menjadi kritis itu penting, untuk jadi orang yang selalu ingin tahu, dan jadi idealis ingin selalu berbeda dari orang lain,” ujarnya dalam sambutan.

Ketua Pelaksana, Ainayya Nur Salsabila, mengatakan, dengan tema ini peserta OCM tahun ini, bisa memiliki ide kritis dan sifat yang idealis.

Ririn Erviana dalam materinya, menyampaikan, Sembilan Elemen Jurnalistik itu tidak perlu dihafal, terpenting mengerti dengan maknanya dan menjalani makna yang terkandung.

Sembilan Elemen Jurnalistik sama seperti pancasila, harus dipatuhi dan dijalani agar jurnalis tidak menyeleweng dalam melakukan reportase lapangan(*)

(Lansir, kronika.id/Amel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here