Satu Warga Lampung Positif Corona, Kadinkes Himbau Masyarakat Tetap Tenang

457

Lampung24jam.com – Satu warga Lampung dinyatakan positif Corona atau Covid-19 dan kini tengah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana memberikan penjelasan terkait kasus tersebut.

Reihana menjelaskan bahwa kasus pasien positif corona di Lampung tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Pengembangan dan Penelitian kesehatan (Litbangkes) RI di Jakarta.

Selain itu, juga berdasarkan pengumuman Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 atau Virus Corona, dr. Achmad Yurianto, pada hari ini.

“Hari Rabu, 18 Maret 2020, pukul 15.59 WIB, perihal terkonfirmasinya positif Convid-19 pada satu pasien dalam pengawasan yang dirawat di Provinsi Lampung,” kata Reihana.

Reihana menjelaskan bahwa pada Sabtu, 14 Maret 2020, Dinkes Provinsi Lampung mengirimkan dua sampel ke Litbangkes RI di Jakarta.

“Untuk informasi, pada saat itu kami kirim dua sampel lab, yang satu adalah dari yang dirawat di (RS) A Yani Metro hasil negatif. Hasil pemeriksaan hari ini keadaan umum kondisi pasien stabil dan baik,” jelas Reihana.

Sedangkan untuk pasien yang positif Convid-19, Reihana berdoa supaya kondisinya bisa segera sembuh. “Kita berdoa semoga pasien dalam pengawasan yang positif Convid-19 bisa melewati masa perawatan hingga sembuh,” ujarnya.

Reihana mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik serta meminta agar dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Melakukan self monitoring atau pengawasan diri senidiri. Jika ada tanda-tanda demam, batuk, pilek dan sesak nafas, segera hubungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

2. Self isolation yaitu mengkarantina atau mengamankan diri sendiri di rumah. Kemudian, memakai masker, menjaga jarak satu meter dengan orang lain, menerapkan etika batuk dan bersin, serta tidak melakukan perjalanan keluar rumah jika tidak perlu.

3. Menjaga stamina tubuh masing-masing serta berperilaku hidup bersih dan sehat

4. Pertahankan gaya hidup sehat, gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, hindari keramaian saat ini jika tidak perlu dan selalu menjaga kebersihan.

Sementara itu, dari Jakarta, Pemerintah mengumumkan bahwa jumlah kasus corona (Covid-19) di Indonesia berdasarkan data per hari ini, Rabu (18/3/2020) pukul 12.00 WIB, total keseluruhan mencapai 227 kasus.

Hingga hari ini, ada total 55 positif baru dengan total keseluruhan mencapai 227 kasus positif.

“Ada tambahan di Provinsi Banten ada 4 positif. Di Yogyakarta 1 positif, kemudian 30 pasien positif dari Jakarta, dari Jabar 12 pasien, Jateng 2 positif, Sumut 1 positif, Lampung 1 positif, Riau 1 positif dan Kalimantan 1 positif,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 atau Virus Corona, dr. Achmad Yurianto. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here