Mahasiswa Kimia Unila Bagikan Hand Sanitizer Gratis

271

Lampung24jam.com, Unila – Mahasiswa Kimia Universitas Lampung (Unila) bagikan hand sanitizer gratis untuk masyarakat di Pelataran Parkir Gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) kampus setempat, Senin (23/2/2020).

Kegiatan sosial ini dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan juga kepedulian mahasiswa Jurusan Kimia Unila terkait langkanya hand sanitizer di pasaran sejak merebaknya wabah Covid-19 di Provinsi Lampung.

Afdahul Irza Khadriyan selaku ketua tim mengungkapkan, kegiatan ini diinisiasi setelah ia dan tim berdiskusi tentang fenomena Covid-19 dan selanjutnya memutuskan untuk ikut berkontiribusi sebagai mahasiswa.

“Kami juga melihat di sekitar. Harga masker, hand sanitizer, dan bahan-bahan penunjang pencegahan Covid-19 lainnya meningkat. Dari situ kami berpikir bagaimana membuat cairan hand sanitizer untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat,” jelas mahasiswa angkatan 2016 ini.

Di produksi tahap pertama, timnya berhasil membuat 40 liter hand sanitizer. Afdahul menjelaskan, bahan baku yang didapat berasal dari para donatur setelah mereka melakukan penggalangan donasi seminggu sebelumnya. Donasi tersebut berupa uang tunai dan botol.

Pembagian hand sanitizer kemudian dibagikan dengan dua cara. Pembagian pertama dilakukan dengan cara membagikan langsung 160 botol ke orang-orang yang membutuhkan di lingkungan Unila, sekitar Kampung Baru, dan jalan ZA Pagaralam.

Pembagian kedua, yaitu membuka stand refill untuk pejalan kaki dan pengendara di sekitar area parkir gedung FMIPA. Masyarakat yang ingin mendapatkan produk gratis ini diminta membawa botol sendiri.

Berbicara tentang tahap produksi, Afdahul memastikan bahwa pembuatan hand sanitizer yang dilakukan timnya sudah sesuai prosedur dan didampingi para dosen. “Untuk tahap produksi, kita mewajibkan para volunteer untuk cek kesehatan. Apabila setelah dicek sehat, mereka baru boleh memproduksi. Cek kesehatan bisa dilakukan di puskesmas,” urainya.

Dengan adanya kegiatan ini ia berharap masyarakat ataupun organisasi lainya dapat melakukan kegiatan kemanusiaan serupa.

Pembukaan kegiatan sosial ini dibuka secara resmi dengan menyerahkan hand sanitizer secara simbolis oleh Dekan FMIPA Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T., kepada Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si.

Prof. Karomani dalam sesi wawancara menyampaikan, diadakannya kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi Unila kepada masyarakat. “Bukan hanya untuk Unila, tapi masyarakat juga dapat membantu dan mendapatkan. Ini kontribusi Unila untuk masyarakat,” ucapnya.

Selain dihadiri rektor, turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Heryandi, S.H.,M.S., Wakil Rektor Bidang Keuangan Dr. dr. Asep Sukohar, M.Kes., dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Prof. Suharso, Ph.D.

Kegiatan ini disambut baik oleh warga yang hadir pada saat itu. Sela, seorang mahasiswa dari Poltekkes Tanjungkarang yang juga ikut mengantre mengungkapkan antusiasmenya. “Senang sekali ada kegiatan ini karena sangat membantu,” ungkapnya.

Menurutnya, produk hand sanitizer saat ini sudah sulit dicari dan jika ada yang menjual harganya pun melonjak. “Saya harap kalau bisa kegiatan ini dilakukan lagi karena sangat membantu,” jelasnya. [Sumber unila.ac.id/Angel]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here