Bupati Lampung Tengah Bantah Warga Seputih Banyak Meninggal Karena Covid-19

490

Lampung24jam.com, LAMPUNG TENGAH- Masyarakat digegerkan dengan informasi dari warga seputih banyak yang meninggal dunia dan dimakamkan oleh petugas kesehatan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Informasi yang menyebar bahwa Sodik (50) yang meninggal dunia ada gejala Covid-19. Hal tersebut tidaklah benar, Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Loekman Djoyosoemarto membantah meninggalnya Sodik alias Bungkik (50), warga Kampung Sumberbahagia Kecamatan Seputihbanyak akibat terpapar virus Corona atau Covid-19.

Bantahan itu disampaikan Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto kepada wartawan usai mengikuti telekonferensi dengan pusat di Command Center, Rabu (8/4/2020).

Menurut Loekman, kematian Bungkik berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamteng, bukan dikarenakan terpapar Covid19.

“Berdasarkan laporan Kadiskes, sudah dapat dipastikan meninggal bukan karena terpapar virus corona,” ujarnya.

Namun, Bupati Loekman mengaku tidak menerima laporan, terkait kabar ada keluarga Bungkik baru pulang dari Jakarta sehingga menimbulkan berbagai dugaam warga bahwa orang tersebut terinfeksi Covid-19.

“Kalo masalah Itu, tidak ada laporan kepada saya. Tapi, pasti warga yang meninggal itu bukan karena diduga terpapar virus corona,” tegas Loekman.

Hal senada juga disampaikan oleh Kadiskes Kabupaten Lamteng, dr Otniel Sriwidiatmoko terkait meninggalnya Bungkik, salah satu warga Kampung Sumberbahagia Kecamatan Seputihbanyak.

“Meninggal Bungkik, bukan karena terpapar virus corona. Hasil rapid test-nya semua negatif. Tapi, swab-nya tetap diambil dan dikirim ke provinsi untuk diuji lab,” katanya sambil mencoba menghindari wartawan.

Terkait pemakaman yang dilakukan petugas menggunakan alat pelindung diri (APD),  Otniel mengaku hanya antisipasi karena menurut informasi ada kerabat almarhum yang baru datang dari jakarta.

“Khawatir saja terpapar virus corona. Kita antisipasi. Kita juga tracing keluarganya dan pantau kesehatannya. Termasuk warga yang berinteraksi dengan korban,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here