Penerbangan Penumpang di Bandara Raden Inten II Dihentikan Mulai Besok

478

Lampung24jam.com, Natar – Terhitung mulai Sabtu (25/4/2020) hingga 31 Mei 2020, Bandara Internasional Radin Inten II Lampung, menghentikan semua penerbangan penumpang. Dengan demikian, pada menjelang dan sesudah Idulfitri 1441 Hijriah tidak ada penerbangan dari dan ke Bandara Radin Intan II.

Penghentian itu menurut Eksekutif GM PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Radin Inten II Lampung, Asep Kosasih Samapta, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 14441 Hijriah Covid-19. “Mulai besok, kami tidak bisa lagi melayani penumpang. Tapi masih bisa melayani pesawat udara yang mengangkut kargo,” kata Asep Kosasih Samapta, Jumat (24/4/2020). Lansir lampungpro.co

Dia mengakui menjelang penutupan Bandara Radin Inten II, arus penumpang dari Jakarta justru lebih banyak dari yang berangkat. Hingga Jumat (24/4/2020), masih ada empat penerbangan yakni Batik Air tujuan Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian, Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air tujuan Bandara Soekarno-Hatta. “Total penumpang yang datang 730 dan yang keluar Lampung sebanyak 195,” kata Asep.

Dari Jakarta, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengatakan penerbangan penumpang domestik masih diizinkan beroperasi sampai hari ini. “Mulai hari ini tidak ada reservasi baru,” kata Adita Irawati di Jakarta, Jumat (24/4/2020).

Adita menjelaskan, untuk penerbangan internasional tetap akan beroperasi khususnya untuk melayani warga negara asing yang akan kembali ke negaranya, dan warga negara Indonesia yang akan kembali ke Indonesia. Penerbangan ini tetap harus mengikuti protokol kesehatan selama pandemi Covid 19.

“Setelah dilakukan evaluasi, maka berlakunya peraturan akan sama untuk semua moda transportasi yaitu pada 24 April 2020 hingga 31 Mei 2020 dan akan diperpanjang jika diperlukan,” kata Adita. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here