Viral, Video Tak Terdidik Siswi di Riau Saat Rayakan Kelulusan

528

Lampung24jam.com, Foto dan video siswa-siswi dari salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau yang memamerkan prilaku tidak terdidik, saat merayakan kelulusan beredar luas di dunia maya.

Video amatir yang diunggah di salah satu story akun Instagram @hayatunjumaini berdurasi sekitar 44 detik tersebut memperlihatkan seorang siswi dengan berpakaian seragam rok abu-abu pendek bergambar mirip alat kelamin pria.

Foto dan video itu diduga diunggah pada akhir pekan lalu usai pengumuman kelulusan para pelajar sekolah menengah atas. Ada sedikitnya tiga foto dan satu video yang menyebar di media sosial, baik itu Instagram, Twitter hingga menyebar berantai di WhatsApp.

Tampak dalam foto dan video itu, seorang siswi berteriak-teriak seraya meminta semua teman-temannya untuk mencorat-coret pakaian putih abu-abunya itu.

Di satu foto lainnya, dia juga mengunggah foto bersama dengan seorang siswa SMA yang pakaiannya dicoret dan digambar wanita tanpa busana.

Belakangan, dikabarkan foto dan video tak pantas itu merupakan perayaan kelulusan siswa-siswi SMA N 1 Kunto Darussalam, Kabupaten Rohul.

Hal ini diperkuat dengan jejak digital melalui akun tiktoknya Hayatun jumaini, terlihat nomor polisinya BM dengan seri UI  lokasinya berada di daerah Kota Lama, Kunto Darussalam, Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau 28556.

Menanggapi adanya video dan foto-foto tak pantas dari Siswa-siswi SMAN 1 Kunto Darusalam itu, Kepala Disdikpora Rohul Drs Ibnu Ulya MSi menjadi geram usai melihat tampilan foto dan video anak sekolah itu.

Dia mengecam perilaku yang sangat tidak terpuji itu serta menilai bahwa tindakan itu merupakan tindakan yang memalukan..

“Itu prilaku yang sangat memalukan dunia pendidikan, mencoreng nama baik sekolah dan daerah Kabupaten Rokan Hulu,” kata Ibnu Ulya.

Dia mengatakan, seharusnya Dinas Pendidikan Provinsi Riau yang lebih berwenang untuk menjawab video foto viral itu. Karena secara aturan SMA sederajat merupakan wewenang Dinas Pendidikan Provinsi.

Terpisah, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau menyayangkan kelakuan siswi dari salah satu SMA di Kabupaten Rohul yang merayakan kelulusan dengan aksi coret-coret baju. Bahkan membuat video tiktok yang tidak baik untuk ditonton.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kaharuddin kepada Kitakini.news, Selasa (05/5/20) di Pekanbaru.

Kaharuddin menambahkan pihaknya telah mengirimkan surat imbauan kepada seluruh kepala sekolah dan juga mengimbau siswa/siswi yang lulus tidak merayakan kelulusan dengan aksi, coret-coret baju, konvoi dan berkumpul.

“Kita sangat menyayangkan kejadian tersebut, apalagi insiden ini terjadi di bulan suci Ramadan. Dan di tengah merebaknya penyebaran wabah Covid-19. Sebelumnya Kami sudah mengirimkan imbauan ke sekolah agar siswa tidak merayakan kelulusan dengan berlebihan,” ujar Kaharuddin.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengeluarkan surat edaran (SE) Disdik Provinsi Riau, tentang Kelulusan dinyatakan bahwa Pengumuman kelulusan dilakukan pada malam hari pukul 21.00 WIB secara online. Dengan demikian diharapkan tidak terjadi kerumunan anak-anak dan dilanjutkan dengan konvoi-konvoi di jalan raya.

Kaharuddin menjelaskan, pihaknya juga telah meminta klarifikasi kepada pihak sekolah, terkait adanya foto viral siswa SMA di Riau yang melakukan kegiatan coret-coret baju saat merayakan kelulusannya.

Sekolah tersebut sebenarnya sudah mematuhi surat edaran dari Dinas Pendidikan Riau dalam hal teknis pengumuman kelulusan siswa. Yakni diumumkan di malam hari dan dilakukan secara online. Siswa juga tidak dibenarkan datang ke sekolah untuk melibat pengumuman.

“Kita sudah minta klarifikasi pihak sekolah, dan keterangan pihak sekolah kejadian ini murni kegiatan yang diambil sendiri oleh siswa tersebut tanpa seizin pihak sekolah. Sekolah tidak ada mengarahkan atau menyetujui aksi coret-coret kelulusan. Jadi itu murni kegiatan yang diambil oleh siswa tersebut,” kata Kaharuddin.

Kontributor : Ferry Anthony

Sumber : kitakini.news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here