Masuk Zona Kuning, Lamteng Belum Bisa Terapkan New Normal

207

Lampung24jam.com, Bandar Lampung – Penanganan Covid-19 nasional menetapkan ada 10 kabupaten/kota di Lampung yang masuk zona kuning atau jumlah penularan covid-19 rendah. Namun, ke-10 daerah tersebut belum bisa menerapkan new normal atau kenormalan baru.

Dilansir dari laman lampost.co, Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung Reihana menjelaskan  zona ini ditetapkan berdasarkan jumlah kasus yang ada. Zona kuning merupakan dengan jumlah penularan virus covid-19 rendah.

“Penilaian itu berdasarkan angka penularan yang disebut zona kuning berarti angka penularan daerah tersebut rendah,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Lampung itu, Selasa, 9 Juni 2020.

Dia mengungkapkan meski termasuk rendah, daerah zona kuning belum bisa menerapkan new normal. Sebab, pihaknya berpegang pada ketentuan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam penerapan new normal.

Menurutnya, terdapat 3 syarat yang harus dipenuhi agar bisa menerapkan new normal. Ketiga syarat tersebut, yakni kondisi epidemiologi, layanan surveilans, dan kesediaan fasilitas kesehatan.

“Untuk di Lampung ada 4 daerah yang bisa melakukan uji coba new normal, yakni Lampung Timur dan Mesuji karena tak memiliki pasien serta Way Kanan, dan Tulangbawang,” katanya.

Daerah di Lampung yang masuk zona kuning, yaitu Lampung Tengah, Lampung Barat, Tulangbawang, Tanggamus, Pringsewu, Tulangbawang Barat, Kota Metro, Lampung Selatan, Lampung Utara, dan Pesawaran. (**)

Sumber: lintasmerah.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here