Pilkada Lamteng : Hasil Poling Ungguli Nessy dan Loekman, Musa Kandidat Kuat

208

Lampung24jam.com, Lampung Tengah – Pemilihan kepala daerah lampung tengah tahun 2020 akan di laksanakan akhir tahun, adapun bakal calon kepala daerah ( bacakada) sudah mulai bermunculan atau menampakan diri dengan beberapa slogan yang mereka miliki.

Dari berbagai janji yang mereka tawarkan melalui spanduk, banner yang di pasang diberbagai tempat ataupun melalui media sosial tentu menarik perhatian masyarakat luas, terutama masyarakat lampung tengah sendiri.

Adapun hasil poling yang dilakukan oleh radarlampung.co.id memberi sedikit gambaran perebut perhatian masyarakat yang ada di kabupaten lampung tengah

Poling bakal calon kepala daerah (bacakada) Kabupaten Lampung Tengah yang diadakan Radarlampung.co.id yang dibuka pada 15 Juni 2020 lalu telah diikuti oleh 4046 voters atau pemilih sampai pada Kamis (18/6/2020) pukul 13.30 WIB.

Dalam poling tersebut terdapat tiga kandidat bacakada, sang petahana, Loekman Djoyosoemarto, mantan wakil bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad dan Nessy Kalvia yang merupakan istri mantan bupati Lampung Tengah, Mustafa.

Sejak poling tersebut dibagikan dan menyebar ke publik, Musa Ahmad meraih poling tertinggi dengan 58% meninggalkan Nessy Kalvia dengan 34% dan Loekman Djoyosoemarto hanya 8%.

Sementara itu, pengamat politik yang juga dosen Fisip Unila, Bendi juantara mengatakan
Survey atau Poling merupakan prilaku pemilih yang dapat digunakan untuk mengukur popularitas dan elektabilitas dari bakal calon kepala daerah tersebut.

“Survey prilaku pemilih sejatinya dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana popularitas dan elektabilitas dari bakal calon kepala daerah,” kata Bendi saat dihubungi melalui pesan aplikasi Whatsaap, Kamis (18/6/2020).

Namun, lanjutnya, jika melihat konstelasi politik dan kekuatan dari para kandidat, Musa Ahmad termasuk kandidat yang dapat diperhitungkan.

“Jika melihat konstelasi politik dan kekuatan dari masing masing kandidat, Musa Ahmad termasuk kandidat yang dapat diperhitungkan karena didukung oleh mesin partai dan popularitas eksternal,” jelasnya.

Walau demikian, Bendi juga menilai Nessy Kalvia dan Loekman Djoyosoemarto harus tetap diwaspadai.

“Namun Nessy Kalvia juga patut di cermati mengingat kekuatan arus bawah dan simpatisan Mustafa terdahulu. Belum lagi petahana Loekman sebagai incumbent tentu lebih mudah masuk kejaringan sampai level terbawah,” beber Bendi.

Terakhir, Bendi mengungkapkan semua itu masih dapat berubah. “Semuanya masih bisa berubah tergantung soliditas tim sukses balonkada, program yang ditawarkan dan arah dukungan pemilih,” tutupnya.

Pilkada Lampung Tengah sendiri santer akan diikuti oleh tiga pasang calon kepala daerah. Musa Ahmad yang sejak awal menggandeng Ardito Wijaya, anak sulung mantan bupati Lampung Tengah, Akhmad Pairin dengan tagline Lampung Tengah Berjaya.

Sedangkan Nessy Kalvia yang telah mendapatkan rekomendasi dari PKS dan Nasdem sampai saat ini belum memiliki calon pendamping.

Sang petahana, Loekman Djoyosoemarto menggaet Muhammad Ilyas yang didukung oleh PDI Perjuangan dan Partai Gerindra.

Untuk diketahui, poling Lampung Tengah Memilih yang diadakan oleh Radarlampung.co.id ini akan berlangsung selama satu bulan dan berakhir pada 15 Juli 2020.(rls)

 

Sumber : Editoronline.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here