25 Warga Rumbia Jalani Swab test Setelah 1 Warga Dinyatakan Positif

665

Lampung24jam.com, RUMBIA – Sebanyak 25 orang menjalani swab test oleh dinas kesehatan Lampung Tengah di Puskesmas Rumbia, Lampung Tengah, Jumat (3/7/2020).
.
Ini merupakan tindaklanjut dari hasil tracing seorang pasien yang tinggal sementara di Rumbia dinyatakan positif Covid-19.
.
Kepala Puskesmas Rumbia Gusti Yoga menjelaskan, 25 orang yang menjalani test merupakan hasil contak tracing pihak puskesmas.

Sebelumnya, ada seorang warga beralamat Bandarlampung yang bertempat tinggal sementara di Kecamatan Rumbia dinyatakan terpapar Covid-19.

“Pasien merupakan seorang perempuan berinisial G, usia 28 tahun. Dia (pasien) pulang ke Rumbia untuk melahirkan di rumah orang tuanya. Namun saat proses persalinan yang berlangsung di RSU A. Yani Kota Metro, warga tersebut dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil test pihak rumah sakit,” kata Yoga.
.
Dikatakan Yoga, pasien telah melahirkan normal pada Rabu (1/7/2020) dan bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat. “Saat ini klien (pasien) dan bayinya masih dirawat di RSU A. Yani Metro,” paparnya.
Sesuai alamat KTP, warga tersebut dimasukan sebagai pasien Kota Bandarlampung. “Kerena di Kecamatan Rumbia, pasien hanya tinggal sementara. Dengan maksud mau melahirkan di tempat orang tuanya,” ujar Yoga dan menambahkan pasien punya riwayat perjalanan dari Palembang.
.
Menurut Yoga, berdasarkan hasil penelusuran disimpulkan bahwa kasus ini bukan local transmision (penularan lokal daerah Rumbia/Lamteng).
“Tapi import transmision dari red zone, yaitu Palembang atau Bandarlampung. Selain itu pasien juga tidak menunjukan keluhan demam, batuk atau sesak nafas,” tukasnya.
.
Sementara, hasil swab test terhadap 25 orang belum bisa diketahui hasilnya. “Hasilnya belum (ada) Mas. Kan swab test butuh beberapa hari, baru diketahui hasilnya,” jelas dia. (rid)

Sumber berita : RadarLamteng.com