Tes SKB CPNS Akan Digelar di ITERA, Pelaksanaan 5-26 September 2020

219

Lampung24jam.com, Bandar Lampung – Institute Teknologi Sumatera (Itera) ditugaskan sebagai tuan rumah pelaksanaan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 dengan metode computer assisted testBadan Kepegawaian Negara (CAT BKN). Untuk CPNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota akan di gelar mulai 5-26 September 2020 di Gedung Laboratorium Teknik 3 Lantai 1-2 Kampus Setempat.

Ada kurang lebih 6.699 peserta yang berhak mengikuti test di Kampus yang terletak di Jalan Terusan Ryacudu, Lampung Selatan tersebut. Pelaksanaan terbagi menjadi 3 kelompok yakni Sesi I pukul 6.30-10.00 WIB, Sesi II pukul 9.30-13.00 WIB dan Sesi III pukul 12.30-16.00 WIB. Ada 150 unit komputer yang disiapkan dan ditambah 10-20 unit komputer cadangan. Kapasitas jaringan internet sebesar 1 Gbps. Pelaksanaan tersebut sesuai protokol kesehatan yang ketat.

“Pada prinsipnya kita sudah siap melaksakan SKB dengan protap kesehatan ketat. Dalam sehari kita bisa menampung maksimal 150 orang peserta tes. Untuk 1 ruangan test maksimal diisi 75 orang dan setiap pesertanya diberi jarak 1-2 meter,” kata Humas Panitia Pelaksanaan Tes CPNS di Itera, Juanda kepada Lampung Post, Minggu, 23 Agustus 2020.

Kemudian ia mengatakan bahwa sebelum masuk kedalam ruangan para peserta di lakukan pengecekan (screening) kesehatan sebanyak 2 kali yakni sebelum masuk di lokasi kampus Itera dan sebelum masuk kedalam gedung test. Peserta wajib dicek suhu, menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun/handsanitizer dan jaga jarak. Setelah itu di lantai 1 akan dilakukan registrasi peserta, kemudian di lantai 2 ada penitipan barang dan setelah itu masuk diruang simulasi. Kemudian baru memasuki ruangan test secara tertib. Begitupun ketika test selesai, peserta di arahkan kepintu keluar dan tetap menggunakan protap kesehatan.

“Pintu masuk dan keluar dipisahkan. Para pengantar peserta juga hanya boleh mengantarkan sampai gedung test dan setelah itu diarahkan parkir diluar itera untuk menunggu, karena tak boleh berkerumun. Rencananya pintu masuk dari Kantor Polda Lampung yang baru. Kita juga dalam waktu dekat akan melakukan rapat pemantapan kembali,” katanya.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia mengeluarkan Surat Nomor: B/750/M.SM.01.00/2020 prihal Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan Computer Asissment Test (CAT) untuk Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 yang langsung ditandatangani oleh Sekretaris Kementerian PANRB, Dwi Wahyu Atmaji.

Surat tersebut menuliskan dalam rangka mewujudkan PNS yang bersih, kompeten dan melayani, maka setiap PNS wajib memiliki kompetensi dasar dan kompetensi bidang yang sesuai dengan tuntutan jabatan. Sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, maka dengan berakhirmya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Selanjutnya SKB bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan Jabatan. Kemudian Panselnas memberikan Materi Pokok Soal SKB agar para peserta seleksi CPNS  dapat mengenali poin penting dari soal SKB dengan CAT yang akan diujikan sesuai dengan kompetensi jabatannya sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Untuk jabatan fungsional yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis digunakan soal SKB yang bersesuaian (masih satu rumpun) dengan jabatan fungsional terkait, sesuai yang tercantum pada Permenpan No. 23 Tahun 2019 mengenai Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019. Ada 231 nama jabatan fungsional (Dasar PERMENPANRB) dan penjabaran materi pokok pengetahuan umum dan pengetahuan khusus yang akan diujikan kepada peserta dalam SKB CPNS Tahun Anggaran 2019.

Usai Pelaksanaan SKB secara nasional, maka dilanjutkan dengan Pengolahan hasil SKD dan SKB (8- 18 Oktober 2020), Rekon integrasi Hasil SKD dan SKB (19-23 Oktober 2020), Penyampaian Hasil Seleksi (26-28 Oktober 2020), Pengumuman Hasil Seleksi (30 Oktober 2020) dan Usul Penetapan NIP (1-30 November 2020). Sumber : lampost.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here