Geger Batu Meteor Jatuh di Lamteng, Ini Kata Dosen Itera

2744

Lampung24jam.com, Lampung Tengah – Suara  dentuman misterius yang sempat menggegerkan warga terdengar oleh warga Lampung disekitar daerah Tanggamus, Pringsewu, dan Lampung Utara mulai menunjukkan titik terang.

Iklan

Chanel youtube Astomulyo 6 menyiarkan video tentang penemuan benda langit yang jatuh menimpa atap rumah Bude Katmini di Dusun 5 Astomulyo, Punggur, Lampung Tengah. Video tersebut diupload 11 jam yang lalu.

Penemuan benda langit berupa batu berwarna hitam kehijau-hijauan itu bertepatan dengan suara dentuman misterius yang didengar masyarakat Lampung yaitu sekitar pukul 21.30 WIB pada Kamis (28/1/2021).

Sementara, Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung dalam penjelasan di Instagram menyebutkan tidak mencatat adanya gempa bumi di daerah Lampung saat dentuman keras terjadi.

Untuk memastikan apakah batu tersebut benar-benar benda langit atau batu meteor, Institut Tekhnologi Sumatera (Itera) Lampung mengirimkan dua dosennya untuk melakukan observasi ke Lampung Tengah.

“Itera mengirimkan dua dosen ke Lampung Tengah untuk menyelidiki dan memastikan apakah dentuman itu berasal dari benda langit yang informasinya jatuh di Lampung Tengah,” ujar Humas Itera Rudiansyah, Jumat (29/1/2021).

Dosen Itera yang turun ke lapangan adalah Robiatul Muztaba, S.Si., M.Si. yang merupakan dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAK), dan Danni Gathot Harbowo, S.Si., M.T., dosen Teknik Geologi.

Menurut Rudi, pihak Itera belum berani memberikan statemen tentang fenomena dentuman misterius dan batu yang ditemukan warga di Lampung Tengah.

“Nanti setelah observasi ke lapangan, tim dosen dari Itera baru akan memberikan statemen tentang fenomena ini,” tutur Rudi.

Sementara itu, dalam video youtube astomulyo 6 yang diambil menggunakan video amatiran terlihat warga ramai berkumpul di salah satu rumah warga yang dipanggil Bude Katmini.

Warga memegang batu berwarna hitam dan kehijau-hijauan yang ditemukan oleh Bude Katmini di samping rumahnya.

Video juga menyorot genteng rumah Bude Katmini yang yang terdapat dua bolongan besar. Warga menduga, batu yang ditemukan disamping rumah Bude Katmini merupakan meteor yang jatuh dari langit. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here