Merasa Sudah Mampu, 39 Keluarga di Lampung Timur Mundur dari Progam PKH

705

Lampung24jam.com, Lampung Timur – Merasa perekpnomian keluarga sudah membaik  Sebanyak 39 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur, mundur secara sukarela atau graduasi mandiri.

Mereka merasa perekonomian keluarganya sudah membaik dan mampu. Selama ini mereka mengaku telah banyak terbantu dengan adanya bantuan PKH. Mereka pun berharap bantuan tersebut dapat diberikan kepada keluarga lainnya yang membutuhkan.

Salah seorang keluarga penerima bantuan PKH yang mengundurkan diri tersebut adalah Winarsih, warga Dusun 6 Desa Margasari.

Winarsih mengaku telah menerima bantuan PKH sejak tahun 2014 lalu. Dari pengakuannya, sejak menerima bantuan PKH, perekonomian keluarganya sangat terbantu, terutama untuk biaya sekolah anak-anaknya.

Ia menceritakan semula pekerjaan suaminya hanya buruh nelayan. Winarsih bercerita dia pun mulai menabung dan hasilnya dapat membuat perahu kecil untuk menambah penghasilan suaminya mencari nafkah.

Winarsih mengatakan saat ini perekonomian keluarganya juga semakin membaik dan empat tinggalnya kini bahkan mulai diperbaiki.

“Saya ingin bergantian kepada warga lainnya yang belum pernah mendapatkan program PKH. Selain itu, saya merasa sudah mampu untuk mencukupi biaya hidup walau suami saya hanya buruh harian,” ungkap Winarsih, Sabtu (6/2/2021).

Sementara itu, salah seorang pendamping PKH di Kecamatan Labuhan Maringgai, Mei Lena mengatakan bahwa jumlah KPM PKH di Desa Margasari yaitu sebanyak 646 KPM yang didampingi oleh dua pendamping.

Selaku pendamping PKH, kata Mei Lena, dirinya melakukan sosialisasi Program Graduasi Mandiri Sejahtera kepada KPM melalui pertemuan kelompok.

“Pada pertemuan kelompok tersebut, KPM PKH diberi wawasan mengenai apa itu graduasi, serta tujuan dan sasaran graduasi. Dari sinilah KPM mulai menyadari bahwa bantuan PKH hanya di berikan kepada yang layak menerimanya,” kata Mei Lena.

“Dan Alhamdulillah, peserta PKH yang perekonomiannya mulai meningkat, hatinya tergugah untuk mengundurkan diri dari kepesertaan PKH,” lanjut Mei Lena yang sudah menjadi Pendamping PKH sejak 2014.

Dia berharap adanya Graduasi Mandiri Sejahtera ini dapat ikut serta mencapai tujuan Pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan. Selain itu juga dapat mengurangi adanya kesenjangan sosial sehingga tercipta rasa keadilan sosial dalam masyarakat. (*) Sumber : lampung77.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here