Pemprov Lampung Segera Bentuk 5 BUMD Baru, Sektor Apa Saja ?

197

Lampung24jam.com,¬†BANDARLAMPUNG — Pemerintah provinsi (Pemprov) Lampung sedang melakukan pembentukan Lima Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) baru. Diketahui lima BUMD yang akan dibentuk tersebut yaitu pada sektor pertanian, pariwisata, infrastruktur, transportasi dan energi.

Asisten II Bidang Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Edi Yanto mengatakan, saat ini tentang BUMD baru ini masih diajukan ke perencanaan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda).

“Pembentukan lima BUMD saat ini sudah masuk ke propemperda, nanti akan dilanjutkan ke pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD),” katanya di Ruang Staf Ahli, kompleks perkantoran Gubernur Lampung, Rabu (10/2).

Kemudian, lanjut Edi, untuk lebih jelasnya terkait penambahan BUMD yang baru ini akan dibahas secara detail di DPRD Lampung. “Ini nanti akan bicarakan lagi di DPRD dan tidak tahu pembahasan apa saja yang akan dibahas nantinya,” ujarnya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Lampung, Noverisman Subing, mendukung jika pembentukan lima BUMD baru yang baru ini apalagi sudah masuk ke propemperda.

“Baguslah kalau sudah masuk ke DPRD dan diharapkan BUMD baru yang diajukan eksekutif itu bisa mewakili seluruh peluang-peluang ekonomi yang ada,” harapnya

Ia juga menilai bahwa BUMD yang baru itu baik personil, direksi maupun komisaris diisi oleh orang-orang yang mumpuni, untuk itu, minimal punya jiwa entrepreneurship atau jiwa bisnis, bukan sebagai penampung mereka yang sudah purna tugas.

Menurutnya, yang penting BUMD yang baru itu bisa memberikan Pendapatan Asli Daerah atau PAD untuk daerah.

Karena, Gubernur Lampung diakhir massa jabatnya menargetkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lampung harus tembus diangka Rp12 triliun

“Jadi, kalau sekarangkan baru masuk Rp7 Triliun lebih. Saya yakin BUMD yang baru itu personil, direksi maupun komisaris diisi oleh anggota yang mempuni untuk itu,” kata dia saat di konfirmasi (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here