Kabar Baik, Pemutihan Pajak di Lampung Hapuskan Pokok Pajak Tertunggak

5917

Lampung24jam.com  – Kabar baik untuk masyarakat lampung yang memiliki tunggakan pajak kendaraan, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung menginformasikan bahwa pemutihan pajak kendaraan di Lampung akan di mulai April.

Kabar gembiranya lagi, pajak kendaraan yang menunggak di tahun-tahun sebelumnya bakal dihapus.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung, Adi Erlansyah menjelaskan dalam pelaksanaan pemutihan pajak kendaraan tersebut, wajib pajak hanya akan membayar satu tahun. Sedangkan pajak kendaraan yang tertunggak di tahun-tahun sebelumnya akan dihapuskan.

“Kita nanti memberikan keringanan wajib pajak cukup membayar pajak kendaraannya 1 tahun. Dendanya juga dihapuskan,” kata Adi, Rabu (10/3/2021) lalu.

“Jadi kita hapuskan pokok pajak yang tertunggak. Misalnya, kendaraan menunggak pajak 3 tahun atau 4 tahun, itu nanti dihapuskan. Jadi cukup bayar pajak 1 tahun di waktu berjalan (Tahun 2021),” lanjutnya.

Adi juga mengungkapkan bagi wajib pajak yang akan melakukan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), nantinya juga hanya dikenakan pajak 1 tahun.

“Untuk balik nama dari luar daerah kita tidak kenakan, BBNKB-nya dibebaskan. Misalnya, bea balik nama pelat B itu sama cukup membayar pajak 1 tahun, sedangkan bea balik namanya di nol kan,” ujar Adi.

Adi mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya program pemutihan pajak kendaraan pada tahun ini tersebut. Pasalnya, program tersebut rencananya tidak diagendakan kembali di tahun-tahun berikutnya.

“Kita harapkan (pemutihan pajak kendaraan tahun ini) dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk menghidupkan pajak kendaraannya. Karena ke depan, program pemutihan ini mungkin Pemda tidak programkan lagi,” kata dia.

Sudah Disetujui Gubernur

Menurut Adi, program pemutihan pajak kendaraan tersebut sudah disetujui Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Adapun Peraturan Gubernur (Pegub) terkait pelaksanaan program itu saat ini masih berada di Biro Hukum Pemprov Lampung.

“Pak Gubernur sudah merestui. Kalau Pergub terkait program pemutihan pajak kendaraan ini masih di Biro Hukum. Nanti kan dievaluasi lebih dahulu di Kemendagri kalau untuk Pergub,” ungkap Adi.

Ia mengatakan jika semuanya berjalan lancar, program pemutihan pajak kendaraan di Lampung dipastikan sudah bisa dimulai pada April mendatang.

“Itu pasti (pemutihan pajak kendaraan). Sudah program tahun ini ada pemutihan dan kita jadwalkan di awal April,” kata Adi Erlansyah.

Adi juga memastikan pihaknya terus berkoordinasi secara intens dengan stakeholder terkait seperti Ditlantas Polda Lampung dan Jasa Raharja terkait pelaksanaan pemutihan pajak kendaraan tersebut.

“Kalau koordinasi ke Polda, Jasa Raharja, sudah jalan, sudah siap. Tinggal menunggu kesiapan dari Polda karena blankonya kan dari pusat, dari Korlantas. Hari ini pun masih intens (koordinasi). Mudah-mudahan, jika semuanya berjalan lancar, (pemutihan pajak kendaraan) kita sudah bisa mulai awal April,” pungkasnya.

Sebelumnya, Adi Erlansyah mengatakan waktu pelaksanaan pemutihan pajak kendaraan itu, rencananya akan dilakukan mulai April 2021 dan akan berlangsung selama tiga bulan.

“Kita rencanakan (pemutihan pajak kendaraan) mulai April dan akan dilakukan selama 3 bulan,” kata Adi. (*)

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here