1 Guru Positif Covid-19, SDN 4 Tanjung Aman Lampung Utara Kembali KBM Daring

215

Lampung24jam.com, Lampung utara – Pihak sekolah SDN 4 Tanjung Aman kembali menerapkan kegiatan belajar secara daring, hal ini dilakukan dikarenakan salah satu tenaga pendidiknya terkonfirmasi Positif Covid-19.

Selain itu belajar daring diambil sebagai langkah antisipasi dan menunggu hasi tracing 25 guru lainya selama 14 hari kedepan setelah dilakukan rapidtest antigen oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lampura.

“surat permohonan untuk belajar secara daring sudah kita ajukan, dan sudah disetujui oleh dinas pendidikan. Kemudian sebanyak 25 guru sudah di rapidtest antigen oleh pihak dinkes, dan hasilnya negatif,” kata Kepala Sekolah, Dahliati, saat dikonfirmasi, Senin, (05/04).

Ia menambahkan, bila dalam kurun waktu 14 hari setelah para guru di rapidtest antigen tidak ada gejala yang menunjukkan kearah Covid-19, maka pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan tim satgassus Kecamatan untuk ditinjau kembali, dan apabila layak untuk melaksanakan KBM tatap muka, maka pihak sekolah akan kembali menerapkan proses belajar secara tatap muka.

“Kita tunggu dulu, apabila nanti tidak ada yang menunjukkan gejala yang menjurus ke Covid-19, maka sekolah akan mengajukan kembali untuk melakukan KBM tatap muka,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampura, Mat Soleh, melalui Kepala seksi (Kasi) Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Siswa SD, Merlyn Sofia mengamini apa yang disampaikan oleh Kepala SDN 4 Tanjung Aman, Dahliati, Ia mengatakan bahwa Dinas Pendidikan telah memerintahkan pihak sekolah untuk menutup sementara KBM, dan melakukan pembelajaran secara daring selama 14 hari pasca salah seorang guru disana terpapar virus Covid-19.

“Ya kita perintahkan pihak sekolah agar pembelajarannya dilanjutkan secara daring selama 14 hari kedepan, dan atas perintah kadis, kita kesana berbarengan dengan masuknya surat dari pihak sekolah,” kata Merlyn Sofia, saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp, Senin, (05/04).

Ditempat terpisah, Plt Kepala Puskesmas Kotabumi II, Wahyu Utami, saat dikonfirmasi diruang kerjanya mengatakan, pihaknya melalui tim satgassus Kecamatan yang ada di Puskesmas akan meninjau kembali apabila nantinya pihak sekolah akan melakukan KBM secara tatap muka.

“Kita tunggu pihak sekolah mengajukan kembali permohonan untuk ditinjau ulang apabila sudah siap untuk melaksanakan KBM secara tatap muka,” terang Wahyu Utami.

Tim satgas dari Puskesmas, lanjut Plt Kapus, selalu berkoordinasi dengan perwakilan tiap sekolah yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kotabumi II. Setiap sekolah memiliki tim yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan protokol kesehatan, yang nantinya akan selalu melaporkan secara berkala terhadap penerapan prokes disekolah tersebut.

“Jadi tim dari puskes itu sistem kerjanya mobile, mereka selalu melakukan kunjungan secara mendadak ke sekolah, dan disana mereka selalu berkoordinasi dengan pihak yang bertanggung jawab atas penerapan protokol kesehatan disekolah, kita tinjau prokesnya, dan selalu kita berikan arahan terhadap mereka disana,” tandasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here