Limbah Oli Cemari Sumur Warga, Bengkel PT Sutomo Ditutup Pemkot Metro

290

Lampung24jam.com, METRO- Masyarakat keluhkan limbah oli yang dibuang ke saluran irigasi warga, buntutnya beberapa sumur resapan warga tercemar, hal ini membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro melakukan inspeksi mendadak (sidak) bengkel kendaraan PT. Sutomo (STM) terkait pencemaran lingkungan akibat limbah B3 berupa oli, selasa 06/04/2021.

Inspeksi mendadak dinas LH tersebut guna memastikan kebenaran keluhan warga terkait adanya praktik dugaan pembuangan limbah B3 sembarangan di saluran milik warga yang mengancam kesehatan dan dampak lingkungan.

“Hasil dari sidak kami tadi dan juga sudah disaksikan rekan media, jadi tempat ini adalah bengkel kendaraan muatan dari PT. Sutomo dimana memang terjadi pencemaran lingkungan akibat limbah B3 berupa oli mesin dari kendaraan PT. Sutomo. Memang mereka tidak memiliki penampungan limbah B3, sehingga oli tercecer hingga ke lingkungan warga,” Kata Kabid Penataan Lingkungan Hidup, Ansori saat dikonfirmasi, Selasa 6/4/2021.

Ansori juga menegaskan segera akan menutup kegiatan bengkel PT. Sutomo hingga memiliki tempat pembuangan sampah (TPS) B3 dan memiliki kerja sama dengan pihak ke tiga pembuangan limbah oli.

” Untuk operasional kendaraan tidak kami tutup, hanya bengkelnya yang kami tutup sampai PT. Sutomo memiliki TPS yang layak sesuai aturan yang ada, kami juga tidak akan melakukan uji laboratorium limbah B3, dikarenakan kondisi di lapanggan sudah jelas adanya pencemaran air dan tanah, maka dari itu, kami meminta warga untuk ikut serta memantau dan melaporkan apabila bengkel PT. Sutomo masih beroperasi.”ungkapnya.

Sementara itu, Penanggung jawab PT. Sutomo, Suyono menyampaikan siap bertanggungjawab atas kerugian warga akibat pencemaran lingkungan limbah B3 yang hasilkan bengkelnya.

“Kami disini sudah 30 tahun berdiri, saat berdiri pertama ini adalah pabrik roti, sampai akhirnya jadi sarang transportasi kendaraan muatan dan bengkel PT. Sutomo, untuk kerja sama dangan pihak ke tiga pembuangan limbah B3 kami memang belum ada, tapi kami siap bertanggungjawab kepada lingkungan yang merasa dirugikan, kami juga akan segera membersihkan saluran irigasi warga bekas pembuangan limbah oli, pastinya semua arahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro akan kita jalankan dan ikut serta membangun Kota Metro.” Tambahnya.

Diketahui, tadi malam ( senin malam), tabikpun.com memergoki pihak perusahaan menerjunkan pekerja untuk menyedot dan membersihkan limbah hingga larut malam. Diduga, pihak perusahaan telah mendapatkan bocoran bahwa lokasi pembuangan limbah akan ditinjau oleh dinas terkait untuk melakukan sidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here