DPO Hampir 2 Tahun, Pelaku Pencabulan Asal Tanggamus di Gelandang Polisi

450

Lampung24jam.com, Tanggamus – Pelaku tindak pidana pencabulan terhadap gadis dibawah umur yang masih berusia 16 tahun berhasil ditangkap polisi di tanggamus, ia adalah HS (32) yang sempat menjadi daftar Pencarian Orang (DPO), perbuatan bejat itu dilakukan di sebuah gubuk di wilayah Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus.

Kapolsek Pulau Panggung Iptu Musakir mengatakan tersangka ditangkap berdasarkan laporan orang tua korbannya berinsial SE, seorang pelajar berusia 16 tahun warga Kecamatan Pulau Panggung.

Adapun kejadian yang menimpa korban yakni pada 22 Agustus 2019 lalu. “Tersangka ditangkap tadi malam pada Senin, 12 April 2021 pukul 22.00 WIB,” kata Iptu Musakir mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, Selasa (13/4/2021).

Kapolsek menjelaskan kronologis pencabulan yang dilakukan tersangka. Peristiwa bermula pada Senin, 18 Agustus 2019 sekitar pukul 14.00 WIB korban diajak temannya untuk menemui pria berinisial OD yang sedang berada dirumah seorang wanita berinisial DW di Kecamatan Sumberejo, Tanggamus.

Sesampainya dirumah DW, mereka bertemu dengan OD dan pelaku HS yang baru dikenal korban. Kemudian mereka mengajak korban bermain ke areal Bendungan Batu Tegi Pekon Batu Tegi, Kecamatan Air Naningan.

Karena bermain hingga larut malam, OD lantas mengajak korban bersama dengan lainnya untuk menginap di gubuknya yang berada di wilayah Kecamatan Air Naningan.

“Setelah mereka sampai digubuk, HS melakukan bujuk rayu untuk melakukan hubungan badan dengan iming-iming akan menikahi korban, sehingga korban tidak dapat menolak,” kata Kapolsek.

Setelah esok harinya, lanjut Kapolsek, korban kemudian pulang ke rumah dan menceritakan kejadian yang dialaminya tersebut kepada orang tuanya. Tak terima dengan perbuatan pelaku, orang tua korban lantas melaporkan kejadian itu ke Polsek Pulau Panggung.

“Saat HS ditetapkan tersangka, dia kabur dari rumah dan ditetapkan DPO. Akhirnya kemarin (pelaku) kembali ke rumah sehingga berhasil ditangkap,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan tersangka, lanjut Kapolsek, pelaku dan korban berpacaran. Pelaku juga mengaku pencabulan yang dilakukan terhadap korban karena dirinya benar-benar mencintai gadis tersebut. “Tersangka mengiming-imingi akan menikahi korban,” imbuhnya.

Saat ini tersangka dan barang buki ditahan di Polsek Pulau Panggung guna proses penyidikan lebih lanjut. Terhadap tersangka dijerat Pasal 76 D, jo Pasal 81 ayat (1) atau Pasal 81 ayat (2) tentang penerapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang RI No.1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang RI No.23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. “Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara,” pungkas Kapolsek. (*) Sumber : Lampung77.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here