Janjikan Harta Ghaib, Penipu Asal Pringsewu Bawa Kabur Rp158 Juta

393

Lampung24jam.com, Pringsewu – Penipuan dengan modus tarik uang ghaib menimpa sumarni, ia diminta oleh CI (46) untuk menyerahkan uang dan perhiasan sebagai syarat mengambil uang ghaib yang di janjikan, namun alih2 menerima harta ghaib yang dijanjikan sumpek justru harus menelan pil pahit uang dan perhiasan di bawa kabur pelaku.

Warga Pekon Tanjung Rusia, Pardasuka, Pringsewu inisial CI (46) diciduk jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pesawaran, atas tindak pidana penipuan dan penggelapan di Way Harong, Way Lima, Pesawaran pada 6 Juli 2020. CI diciduk berdasarkan laporan korban yang diketahui bernama Sumarni.

Kepala Satreskrim Polres Pesawaran AKP Eko Rendi Oktama mengatakan, ada pun kronologis pelaku menipu korban ini modusnya bahwa di rumah korban didapati harta gaib. Selanjutnya pelaku berusaha meyakinkan korban, dengan menawari akan mengambil harta gaib di dalam rumahnya, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Pelaku mengimingi apabila ingin mengambil harta gaib itu, harus menyerahkan emas dan sejumlah uang sebagai syaratnya. Setelah emas dan uang diberikan, kemudian korban kesulitan untuk menemui pelaku, bahkan pelaku ini menghilang,” kata AKP Eko Rendi Oktama dalam keterangannya, Sabtu (1/5/2021).

Atas kejadian itu, korban mengalami kerugian mencapai Rp158 juta dan selanjutnya korban melaporkan ke Mapolres Pesawaran guna dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. Setelah buron hampir delapan bulan, polisi mendapati informasi pelaku berada di wilayah Pesawaran.

“Kemudian Tim Tekab 308 Polres Pesawaran melakukan upaya paksa berupa penangkapan terhadap pelaku. Hingga akhirnya, pelaku berhasil diamankan dan langsung dibawa ke Mapolres Pesawaran, untuk ditindaklanjuti,” ujar Eko Rendi Oktama. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here