Bahas Eksistensi Otpus Papua, Forkom Anak Papua Jakarta Gelar Diskusi Virtual

58

L24, Jakarta – Forum Komunikasi Anak Papua Jakarta gelar diskusi virtual membahas tentang manfaat eksistensi otpus Papua pada Kamis, 27 Mei 2021 di ikuti oleh 40 peserta. Dengan narasumber Semmy Jenggo (Ketua Forum Komunikasi Anak Papua).

Semmy sebut Otsus ini bukan hanya berbicara mengenai Papua saja, namun impactnya akan dirasakan oleh daerah – daerah lain. Terutama dalam hal pembangunan, oleh karena itu pemerintah harus fokus dalam menangani Otsus di Papua.

Selanjutnya Semmy menyebutkan “Penolakan Otsus di Papua dikarenakan beberapa faktor, salah satunya penyelewangan terhadap dana yang disediakan untuk Otsus, Hal itu mengakibatkan mangkraknya program – program pembangunan pada Otsus itu sendiri, ditambah dengan provokasi pihak ketiga membuat masyarakat berpikir negatif terhadap kelanjutan Otsus di Papua.”

Terkait penolakan perpanjangan otsus Papua Semmy berharap pemerintah mengingat kembali cara Gusdur membentuk otsus papua dengan mengumpulkan kelompok-kelompok masyarakat untuk berdiskusi bersama membahas kemajuan Papua.

Semmy juga mengajak masyarakat Papua dan masyarakat pada umumnya untuk mendukung pembangunan tanah Papua, “Mari kita bersama menerima Otsus guna untuk membangun tanah Papua, karena Papua masih termasuk daerah di Nusantara. Dan untuk masyarakat lain mohon jangan memandang negatif terkait masih adanya penolakan dari masyarakat Papua itu sendiri dan tingkatkan kebersamaan kita untuk menjaga keutuhan negara” tegasnya dalam akhir sesi diskusi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here