Diduga Ada Korupsi Pada P3i di Kelurahan Sindang Sari, Ini Indikasinya

26

 

Lampung24jam.com – Lampung Utara Masih dalam peraturan kepres No 8 tahun 2003 tentang pekerjaan atau proyek yang memakai dana anggaran APBD atau APBN, di wajibkan memakai papan informasi. Kemudian ditambah lagi dalam undang-undang No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.
Kamis /01/10/2021.

Tentunya atas dasar undang-undang dan kepres tersebut, tiap-tiap yang berkaitan pada pembangunan, baik fisik dan non fisik yang anggarannya bersumber dari pemerintah pusat, provinsi bahkan daerah meski mematuhinya.

Namun jika di abaikan tentunya ada konsekuensi yang meski menjadi tolak ukur dalam pelaksanaannya, apakah secara administrasi bahkan sanksi.

Hal ini menjadi ironisnya, di kabupaten Lampung Utara ini. seperti disalah satu kelurahan Sindang Sari kecamatan Kotabumi terdapat proyek Perkumpulan petani pemakai air (P3A). di bentuk atas azas kegotorong-royongan serta bersifat sosial.

Mirisnya proyek P3A yang di bangun di kelurahan sindang sari menuai kontroversi, pasalnya tidak ditemukan adanya papan informasi, serta dari fisik pembangunan pun banyak mengalami keretakan pada beberapa bagian yang sudah dibangun.

Ditambah lagi pada lempengan semen yang sudah di cetak, diduga tidak menggunakan besi sebagai tulang, sementara tidak diketahui apakah dalam pembagunan P3A dimaksud harus atau tidak menggunakan besi pada pembangunan tersebut.

Sementara terlihat juga pada bangunan yang sudah di bangun, ada dugaan terindikasinya selain kurang transparan terkait papan informasi, penyusunan balok beton terlihat tidak rata, juga terindikasi adanya mark up atas pembangunan yang ada.

Pasalnya terlihat pada bangunan, seperti kekurangan semen dan bahan lainnya, sehingga terindikasi bangunan dimaksud kurang kokoh.

Meski sempat dikatakan Sofyan selaku ketua kelompok saat dikonfirmasi, dirinya mengklaim bahwa sudah terpasang papan informasi meski dilokasi ternyata tidak ada. Kemudian terkait penggunaan besi pada bangunan, ia juga mengatakan bahwa sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) tidak ada penggunaan besi.

“Ia ketuanya saya, sekertarisnya Herdiman dan bendaharanya Bambang. terkait anggaran sebesar 195 juta, untuk pembangunan memang tidak mengunakan besi sesuai dengan RAB” tukasnya.

Sofyan juga mengklaim, bahwa ada Pekerjaan serupa, yang ia ketahui yakni berada di kelurahan Kotabumi Udik dan desa Talang Bojong, yang mana pekerjaan P3A yang ia kelolalah yang jauh lebih baik dari dua pekerjaan lainnya.

Atas dugaan yang di maksud, diiharapkan kepada aparat penegak hukum (APH) dan dinas dinas terkait dapat segera melakukan tindakan agar tidak terjadi Korupsi pada proyek P3A dikelurahan Sindang Sari. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here