Puluhan Warga Terekam CCTV Sedang Buang Sampah di Perbatasan Metro – Punggur

133

Lampung24jam.com, Metro – Tumpukan sampah dikawasan gapura perbatasan antara Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara dengan Kecamatan Punggur, menimbulkan tanya siapakah pelaku pembuang sampah sembarangan itu, berkat CCTV akhirnya terjawab sudah pertanyaan itu.

Dalam pantauan CCTV milik Trader Peduli Indonesia (TPI) Kota Metro, terlihat Puluhan orang yang membuang sampahnya di kawasan tersebut

CCTV milik TPI tersebut terpasang tepat disisi kanan gapura sejak pertengahan tahun 2021. CCTV itu merekam ratusan kali praktik buang sampah dikawasan perbatasan, ironisnya para penyumbang sampah tersebut hanya dilakukan oleh puluhan orang yang sama.

Dilansir dari kumpastuntas.co, Ketua DPP TPI, Dicky Kusuma Wardhana mengatakan tumpukan sampah yang berserakan di kawasan perbatasan merupakan milik puluhan orang saja. Para pembuang sampah tersebut rata-rata melancarkan aksinya pada pagi hari.

“Jadi CCTV yang kami pasang sejak bulan Juni itu merekam ratusan kali orang buang sampahnya disana, tapi setelah kami teliti pelakunya orang-orang yang sama dan jumlahnya tidak banyak kurang dari 30 orang. Kemudian orang-orang ini membuang sampahnya itu rata-rata pagi hari, jadi sambil bawa motor maupun mobil mereka lemparkan begitu saja,” terangnya.

Berdasarkan rekaman video, para pelaku buang sampah tersebut berkendara dari arah Lampung Tengah menuju Kota Metro dan melemparkan sampah yang dibawanya ke kawasan perbatasan.

Guna menindaklanjuti permintaan masyarakat untuk memviralkan para pelaku buang sampah sembarangan tersebut, TPI berencana menyerahkan seluruh dokumen rekaman CCTV ke Pemkot Metro.

Ia berharap, Walikota Metro Wahdi dapat menindaklanjuti dan menghadirkan solusi jitu dalam menangani persoalan sampah dikawasan perbatasan.

Diketahui, pada Jum’at (19/11/2021) mulai pukul 07.30 WIB, Pemerintah Kota Metro melalui dinas terkait bersama puluhan anggota komunitas TPI dan masyarakat Banjarsari melakukan bersih-bersih sampah di kawasan gapura perbatasan hingga jalur sungai yang melintasi kawasan tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here