Keren! Lampung Barat Juara 1 Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif IGA 2021

83

Lampung24jam.com, Lampung Barat – Kabar baik datang dari Kabupaten lampung barat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) meraih juara 1 kategori kabupaten sangat inovatif atas penilaian Innovative Government Award (IGA) 2021 yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri.

Bupati Parosil Mabsus secara virtual di Ruang Rapat Pesagi Pemkab setempa menerima  Penganugerahan tersebut, Rabu, 29 Desember 2021.

Bupati menjelaskan, keberhasilan Kabupaten Lambar untuk meraih juara I pada penganugerahan IGA tersebut tak terlepas dari kerja sama dan kerja keras banyak pihak.

“Pada kegiatan penilaian penganugerahan IGA tersebut Pemkab Lambar menyampaikan sebanyak 269 inovasi yang terbagi dalam tiga inovasi prioritas, yaitu penanganan dan pencegahan penularan covid-19, percepatan pemulihan ekonomi, dan jaring pengaman sosial,” ujar Bupati, Rabu, 29 Desember 2021.

Lambar didapuk sebagai pelopor pemeriksaan PCR untuk kasus covid-19 dari 15 hari menjadi 3 hari, terintegrasinya seluruh ambulans dengan PSC 119, pembentukan Satgas Penanganan Bencana di tingkat pekon, dan respons cepat tim di setiap kejadian secara menyeluruh.

“Kemudian untuk inovasi prioritas dalam percepatan pemulihan ekonomi meliputi pemberian modal usaha dengan pendamping tanpa agunan, satu rumah tangga wajib menghasilkan satu komoditas layak jual, pemberdayaan masyarakat sekitar obyek wisata, mengolah limbah holtikultura dan kopi menjadi pupuk organik yang layak jual, dan peningkatan ekonomi masyarakat di tingkat pekon,” kata dia.

Lalu untuk inovasi prioritas dalam jaring pengaman sosial adalah pengurangan beban orang tua siswa, bantuan pangan dengan pendampingan, pemberian makanan tambahan pada ibu hamil dan balita, serta rehabilitasi rumah tidak layak huni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here