Pemkab Tanggamus Terima Penghargaan IGA Kemendagri

Lampung24jam.com, Tanggamus – Kabupaten Tanggamus dinilai sebagai salah satu daerah Terinovatif. Sebagai ganjarannya, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE., MM diundang untuk menerima penghargaan dari Kementerian dalam negeri republik Indonesia (Kemendagri RI).

Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus, Hendra Wijaya Mega, ST, MT. MM mengatakan, penghargaan melalui ajang Innovative Government Award (IGA) 2022 merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia melalui Badan Strategis Kebijakan Dalam Negeri yang digelar Jumat (23/12/2022) di gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat.

“Tahun 2022, kami dapat Penghargaan Inovasi Nasional IGA 10 Besar Nasional. Sekarang kami masih menunggu Undangan resmi Kemendagri dan Bupati hadir langsung. Kita memperebut dari Rangking 1 sampai 12 dan kita ada di sesi antara pak Menteri atau sesi 1 utk juara 4 sampai 12 Nasional,” ujar Hendra kepada Tipikornews.online, Rabu (21/12/2022) kemarin.

Lebih lanjut, Pemkab Tanggamus melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Tanggamus ini berharap apa yang diraih dengan 225 Inovasi ini semakin meningkatkan kinerja jajaran Pemkab Tanggamus.

“Penghargaan hanyalah bonus, yang utama adalah Pemkab Tanggamus khususnya jajaran Bappelitbang terus bekerja dan melahirkan inovasi. Sehingga, ke depan diharapkan prestasi yang diraih dapat ditingkatkan lagi,” katanya.

 

Mudah-mudahan, sambung Hendra, di kepemimpinan Bupati Bunda Hj. Dewi Handajani, SE., MM kita bisa terus raih kategori Terinovatif. Karena misi beliau memperluas inovasi.

IGA ini dilaksanakan setiap tahun oleh Kemendagri dalam memotivasi daerah, dalam menciptakan inovasi. Khususnya dalam pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan inovasi lainnya.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui IGA akan menciptakan iklim yang kompetitif. “Dalam hal ini jangan hanya yang daerah yang melakukan inovasi tapi juga umumkan daerah daerah yang tidak melakukan inovasi bahkan tidak bisa dinilai. Supaya daerah yang lain berlomba lomba untuk mendapatkan penghargaan inovasi, maka publik akan menilai dari berbagai aspeknya,” kata Tito.

Dalam penghargaan ini, Kabupaten Tanggamus mendapatkan Penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Terinovatif.

Terpisah, Bupati Dewi Handajani, menyampaikan bahwa Pemkab Tanggamus mendapatkan penghargaan IGA Terinovatif dan masuk sebagai 10 besar. Beberapa capaian dari jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus telah kami kirimkan.

Kurang lebih 225 inovasi yang ada, dan Alhamdulillah melalui rangkaian verifikasi dari panitia penyelenggara dari BSKDN Kemendagri, Kabupaten Tanggamus masuk ke dalam nominator yang kemudian dilakukan verifikasi Tim Juri dengan wawancara Bupati Langsung dan kunjungan langsung ke Kabupaten Tanggamus.

“Alhamdulillah pada tahun kemarin Kabupaten Tanggamus mendapatkan kategori Kabupaten Terinovatif berada dalam Peringkat 7 Nasional dan pada tahun ini kembali menjadi Kabupaten Ter Inovatif untuk ke 2 kalinya,” jelas Bupati.

Bupati berharap prestasi ini selain menjadi kebanggaan, juga menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Karena dengan inovasi ini kita akan melakukan langkah-langkah percepatan dalam pencapaian tujuan, karena dengan segala kondisi yang terbatas tanpa inovasi hasilnya tidak akan maksimal.

“Mohon doanya kepada masyarakat Tanggamus mudah mudahan segala program program inovatif yang telah kami buat di Kabupaten Tanggamus akan dapat menunjang pelayanan, pembangunan dan tata pemerintahan akan lebih baik lagi,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here