PPBI Ikut Ramaikan HUT Kota Metro Ke 86 Dan Pamerkan 200 Bonsai Berbagai Jenis

Lampung24jam.com] Metro — Sebanyak 200 Bonsai dari berbagai jenis ikut meramaikan Harmoni Bonsai Bumi Sai Wawai yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Metro di Rumah Asisten Wedana, Metro Pusat, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin dan ikut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Bangkit Haryo Utomo beserta Kepala Dinas Koperasi, Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM), Siti Aisyah dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Metro, Subehi.

Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin menjelaskan Bonsai ini dapat diibaratkan juga sebagai struktur pemerintahan. Dimana harus ditata dan dikelola dengan baik agar dapat mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Kalau bonsai ini kan kita struktur, kita rawat agar indah dipandang begitupun dengan pemerintahan itu kita kelola sedemikian rupa untuk melayani masyarakat,” terangnya.

Tak hanya itu, dikesempatan ini juga Wahdi siap mendorong PPBI ini untuk dapat menghiasi Kota Metro.

“Ini kan apabila kita letakkan di ruang publik juga akan memperindah tampilan kota kita, kalau perlu Metro juga menjadi rujukan Bonsai karena penataan dan pelestariannya,” bebernya.

Sementara, Ketua PPBI Cabang Metro, Yuzar Ansyori Yusuf menjelaskan ini dilakukan dalam rangka ikut serta meramaikan Hari Jadi Kota Metro ke 86.

Ia menyebut sesuai dengan yang diucapkan Walikota Metro, pihaknya siap menyambut baik wacana Walikota Metro untuk menghiasi ruang publik di Bumi Sai Wawai dengan tanaman Bonsai.

“Tapi itu kan perlu perencanaan lagi, jangan sampai kita tanam tapi tidak dipelihara,” jelasnya.

Dikatakan Yuzar, PPBI Metro optimis akan mengenalkan Bonsai ke ranah publik, itu sesuai dengan Visi yang ingin menjadikan Metro menjadi lumbung Bonsai masa depan.

“Nanti kita akan buat event-event untuk mengenalkan kembali bonsai hingga kancah nasional,” bebernya.

Terpisah Ketua Pelaksana, Harmoni Bonsai PPBI Metro, Endi Rubianto mengatakan sedikitnya terdapat 200 pohon bonsai yang dipamerkan pada kegiatan ini.

Menurutnya, pada event ini PPBI Metro juga mengundang para pecinta dari luar Metro untuk ikut memamerkan Bonsai kesayangannya.

“Ini total ada 200, kita undang dari Lampung Tengah, Lampung Timur dan Lampung Selatan untuk memerkan Bonsainya masing-masing membawa 10 pohon bonsai,” tandasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here