Bawaslu Kabupaten Lampung Timur merillis hasil pengawasan Dua Pekan pelaksanaan Tahapan Kampanye

Lampung24jam.com | Bawaslu Kabupaten Lampung Timur merillis hasil pengawasan Dua Pekan pelaksanaan Tahapan Kampanye Pemilihan Umum Priode 28 Nov s/d 14 Desember 2023.

Berdasarkan Rekapitulasi data yang telah dihimpun oleh Person In Charge (PIC) Kampanye Bawaslu Kabupaten Lampung Timur setidaknya terdapat Dua Puluh Tujuh (27) Kegiatan Pelaksanaan Kampanye yang telah dilaksanakan yang tersebar di Dua Puluh Empat Kecamatan dan diperoleh hal-hal sebagai berikut :

1. Ditemukan pelaksanaan Kampanye yang dilakukaan oleh Pelaksana, Peserta dan/atau Tim Kampanye Pemilu namun belum disertai dengan Surat Pemberitahuan Kepada pihak Kepolisian, dan Bawaslu sudah memberikan Surat Pencegahan terhadap proses Kampanye sebagaimana dimaksud.

2. Saat ini setidaknya terdapat 4 dugaan Pelanggaran Pemilu yang sedang di dilakukan proses Penanganan oleh Bawaslu Kabupaten Lampung Timur, yaitu 3 dugaan pelanggaran Tindak Pidana Pemilu pada kegiatan Kampanye Pertemuan Terbatas (sesuai STTP Polres Lampung Timur Nomor:STTP/01/XII/YAN.2.2/2023/Sat Intelkam) yang dilaksanakan oleh Partai PAN Lampung Timur dan diduga melanggar ketentuan Pasal 523 ayat (1) UU No.7 Tahun 2017,

serta 1 dugaan Pelanggaran pada Kegiatan Tatap Muka yang dilakukan oleh Caleg Partai PKS di Desa Sumber Jaya Kec. Waway Karya dan saat ini masih dalam tahapan Kajian awal.

Memperhatikan hasil Pengawasan sebagaimana dimaksud diatas Bawaslu kabupaten Lampung Timur menghimbau kepada Partai Politik Peserta Pemilu untuk mematuhi Regulasi Kampanye dalam pelaksanaan Kampanye Pemilu sehingga tercipta iklim kondusif pada pelaksanaan Kampanye diwilayah dikabupaten Lampung Timur. (Chan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here