Beranda blog

Pjs. Bupati Pesisir Barat, Achmad Chrisna Dorong Generasi Muda berperan dalam Pembangunan

Lampung24jam.com, Bandar Lampung,—- Pjs. Bupati Pesisir Barat, Achmad Chrisna Putra menghadiri Musyawarah Daerah DPD KNPI Kabupaten Pesisir Barat ke II yang digelar oleh Tim Karateker KNPI Pesisir Barat, bertempat di Anjungan Pesisir Barat, PKOR Way Halim – Kota Bandar Lampung, Kamis (29/10/2020)

Acara dihadiri oleh Ketua DPP KNPI Ahmad Naufal A. Caya, OKP dan perwakilan forkopimda kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Kabupaten Pesisir Barat Achmad Chrisna Putra mengatakan, KNPI selaku induk organisasi kepemudaan dapat menghimpun dan memberikan pembinaan terhadap pemuda dalam menjawab berbagai tantangan pembangunan di daearah setempat.

“Pada prinsipnya Pemerintah Daerah membuka diri kepada pemuda untuk berdiskusi. KNPI sebagai lembaga koordinasi dalam menghimpun para pemuda dan organisasi kepemudaan lainnya kalau terpecah sangat tidak memungkinkan untuk membangun kepemudaan dan potensi di daerah,” ungkap Achmad Chrisna.

Ia juga berharap, Musda kali ini dapat melahirkan kepemimpinan baru yang akan meneruskan serta melaksanakan kembali roda organiasi KNPI Kabupaten Pesisir Barat agar lebih baik lagi.

Sementara itu, ucapan terimakasih disampaikan oleh Ketua Karateker DPD KNPI kabupaten Pesisir Barat, Ahmad Naufal. Ia berharap kedepan Pemerintah dan pemuda DPD KNPI mampu bersinergi untuk kemajuan Kabupaten Pesisir Barat.

“Tentunya peran serta pemuda kedepan harus diimbangi dengan adanya hubungan emosional dan sinergisitas, kepada Pemerintah setempat agar apa yang menjadi gagasan pemuda dapat terealisasi,” Kata Naufal. (*)

Tidak Ada Riwayat Keluar Lampung, Pjs Bupati Lamteng Positif Covid-19

Lampung24jam.com, Bandar Lampung – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Tengah yakni Adi Erlansyah dikabarkan positif COVID-19, Rabu (28/10).
.
Kabar ini dibenarkan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana yang mengatakan bahwa Adi Erlansyah memang terkonfirmasi positif COVID-19.
.
“Iya benar, Adi Erlansyah memang positif COVID-19, sedang dilakukan perawatan. Namun, saat ini alhamdulillah kondisinya sehat, dan dia adalah Orang Tanpa Gejala (OTG),” kata Reihana.
.
Adi Erlansyah merupakan Penjabat Sementara Bupati Lampung Tengah yang juga sebagai Kepala Inspektorat Provinsi Lampung. Dia dilantik sebagai Pjs Bupati Lampung Tengah pada 26 September 2020 lalu oleh Gubernur Lampung bersama empat orang Pjs lainnya. Diketahui, Adi Erlansyah terkonfirmasi positif COVID-19 pada Sabtu 24 Oktober 2020 lalu.
.
Reihana menyebut, yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar Provinsi Lampung. Hanya saja selama selama menjabat sebagai Pjs, Adi Erlansyah memang menempuh perjalanan Bandar Lampung ke Lampung Tengah.
.
“Setau saya, dia tidak ada riwayat berpergian ke luar Lampung. Namun sebagai pejabat, mungkin dia pernah kontak dengan salah satu pejabat publik,” sebutnya.
.
Sebagai salah satu pejabat di Provinsi Lampung, menurut Reihana, Adi Erlansyah merupakan orang yang patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker. “Beliau sangat patuh dengan protokol kesehatan, dan yang paling mungkin pada saat makan dia membuka maskernya,” katanya.
.
Pihak Dinas Kesehatan telah melakukan tracking teehadap 50 orang yang memiliki riwayat kontak dengan yang bersangkutan. Berdasarkan tracking yang dilakukan, Reihana mengatakan bahwa semua hasilnya nonreaktif, termasuk istri dari Adi Erlansyah.
.
Sementara itu, Adi Erlansyah saat ini menjalani isolasi di salah satu rumah sakit pemerintah Provinsi Lampung. (*)

Tuntut Naikan Harga, Persatuan Petani Singkong Lamtim Gelar Unjuk Rasa

Lampung24jam.com, Lampung Timur – Seratusan petani singkong yang tergabung dalam Persatuan Petani Singkong Lampung Batang Hari Nuban Kabupaten Lampung Timur , berunjuk rasa ke pabrik singkong PT berjaya tapioka Indonesia Desa Kedaton Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur, Kamis(28/10/2020).

Mereka menuntut agar pihak perusahaan menaikkan harga singkong serta menurunkan peresentase refekasi (potongan karena pada barang ada kesalahan mutu).

Dimana, untuk di PT berjaya tapioka Indonesia harga beli singkong Rp 720 dengan refaksi sebesar 20 persen untuk jenis Kasesa dan 18 persen untuk jenis Thailand.

“Kami menginginkan agar harga beli pabrik paling rendah Rp 1.000 dan refaksi maksimal 14 persen,” ujar IWAN, salah satu koordinator aksi.

Dengan kondisi rendahnya harga beli singkong oleh perusahaan, membuat para petani menjerit. Sebab, hasil penjualan tidak sebanding dengan biaya tanam, pemupukan hingga biaya panen.

Sementara itu,pak saat selaku perwakilan PT berjaya tapioka indonesia Meminta Waktu 3 hari untuk membahas permintaan mengaku jika harga beli sudah menjadi ketentuan di perusahaan.

Untuk besaran refaksi, lanjut saat, itu dilihat dari kwalitas singkong. ”Karena ada singkong yang rusak, ada bonggol dan tanah. Makanya ada potongan itu (refaksi),” katanya.

Dia menjelaskan, akan berkoordinasi dengan pimpinan pusat perusahaan mengenai tuntutan para petani tersebut.

Nanti kami akan koordinasikan dengan pimpinan perusahaan yang ada di pusat nanti nya kami akan memberi tau kepada pihak perusahaan ke masyarakat.terangnya

Aksi unjuk rasa berakhir setelah Kapolsek Hadir dan salah satu perwakilan Aksi setempat tiba dilokasi dan memfasilitasi tuntutan petani terhadap perusahaan.

“Dari hasil mediasi, kita berikan waktu sepekan kedepan untuk perusahaan apakah dapat mengakomodir tuntutan petani atau tidak. Tapi saya berharap bisa diakomodir,” ujar ismail .

Bahkan salah satu tokoh pemuda masyarakat kedaton Topron ini menegaskan akan memimpin aksi lanjutan para petani, jika tuntutan mereka sama sekali tidak diindahkan perusahaan.

Selain itu tentutan masyarakat ke perusahaan selain meminta kenaikan harga singkong, perusahaan harus mengambil langkah aroma bau yang mengganggu pernapasan warga sekitar area pabrik akibat bau limbah yang sangat menyengat .

Kami minta agar perusahaan cepat mengambil keputusan mengenai limbah di perusahaan PT berjaya tapioka Indonesia ungkapnya.(*)

SMSI Minta Penggunaan Dana Media di DPRD Lampung Transparan

Lampung24jam.com, BANDAR LAMPUNG-Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Lampung meminta DPRD Lampung transparan dalam mengelola dana publikasi untuk media massa. Pasalnya, penggunaan anggaran untuk media di DPRD Lampung diduga ada pemotongan yang dilakukan oleh oknum di sekretariat DPRD setempat.

Hal tersebut terungkap atas keluhan sejumlah pengurus dan anggota SMSI Lampung dalam rapat pengurus SMSI Lampung, Senin (26/10). “Ada indikasi pemaksaan dalam pemotongan yang jumlahnya cukup besar,” kata Ketua SMSI Lampung Donny Irawan, S.E. dalam rapat internal dengan sejumlah anggota SMSI Provinsi Lampung di Sekretariar SMSI, Senin (26/10).

Atas dasar pemotongan tersebut dia meminta kepada DPRD untuk memberikan data anggaran media massa yang sebenarnya. Sehingga penggunaan anggaran untuk media massa tepat sasaran yang betul-betul diterima untuk pengusaha media massa ataupun wartawan.

Selama ini, lanjut mantan anggota DPRD Lampung ini, sesuai laporan anggota SMSI, dana pencairan wartawan DPRD Lampung untuk perbulannya sebanyak Rp2,75 juta, Kemudian dipotong Rp750 ribu, jadi cuma terima Rp2 juta. Namun tidak diketahui untuk apa dana pengurangan tersebut.

Menurut Donny, di tengah pendemi Covid 19 saat ini, pemotongan yang mencapai Rp750 ribu sangat terasa bagi wartawan. “Kalau dihitung-hitung Rp750 ribu dikalikan sekitaran 100 media saja sudah mencapai Rp75 juta,” tegas Donny.

Sementara itu sekretaris dewan (Sekwan) Lampung, Tina Malinda, S.Sos, MM saat dimintai konfirmasi via chat WhatsApp terkait masalah diatas belum ada jawaban.(*)

Lakalantas di Lampung Timur Tewaskan Dua Pengendara Motor

Lampung24jam.com, Lampung Timur – Dua pengendara sepeda motor yang berboncengan tewas setelah mengalami kecelakaan di Jalan lintas Timur Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur Minggu petang .

jenazah kedua korban langsung dievakuasi oleh pengendara dan jamah hendak kemasjid melaksanakan ibadah sholat subuh.

Kejadian berawal ketika pengendara sepeda motor Yamaha Vixion, melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Palembang menuju sukadana.
diduga akibat mengantuk dan hilang kendali sepeda motor tersebut menabrak Truk Dari belakang, akibat kecelakaan dua pengendara sepeda motor meninggal di tempat kejadian.

Polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan ini dengan memintai keterangan beberapa saksi.

Kedua korban bernama Dani (25) dan Arifin (31) kedua adalah warga sukadana Ilir kecamatan Sukada, Lampung Timur kedua nya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum daerah sukadana,untuk dilakukan autopsi guna kepentingan penyelidikan. Kasus ini ditangani oleh unit laka lantas wilayah Polsek Way Bungur. (*)

BLT Subsidi Gaji Gelombang 2 Direncanakan Cair Awal November

Lampung24jam.com, JAKARTA – BLT subsidi gaji memasuki gelombang kedua. Rencananya, pencairan BLT tersebut akan dilakukan pada awal November.

BLT subsidi gaji atau upah disalurkan melalui dua termin pembayaran. Setelah pembayaran termin I selesai disalurkan, Kemnaker akan kembali memproses pembayaran termin II subsidi gaji atau upah.

“Insya Allah, semua lancar, akhir Oktober ini akan kami lakukan evaluasi, dan awal November 2020 kami bisa transfer untuk tahap kedua,” kata Ida seperti dikutip, Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

Seperti diketahui, Berdasarkan data Kemnaker per 19 Oktober 2020, bantuan subsidi gaji atau upah tahap I tersalurkan kepada 2.485.687 penerima atau sudah 99,43%. Sementara untuk tahap II sudah disalurkan sebanyak 2.981.531 penerima atau sekitar 99,38%.

Kemudian untuk tahap III sebanyak 3.476.120 penerima 99,32%. Selanjutnya tahap IV sudah sebanyak 2.620.665 penerima yang mendapatkan subsidi gaji atau 94,09%.

Terakhir bantuan subsidi gaji tahap V sudah disalurkan kepada 602.468 penerima atau sekitar 97,39%. Sehingga total program bantuan subsidi gaji/upah (BSU) yang telah disalurkan kepada pekerja atau buruh sebanyak 12.166.471 atau setara dengan 98,09%. (*)

Hidupkan UMKM, Hipmikindo Gandeng Dinas Koperasi dan UMKM Lamteng

Lampung24jam.com, Lampung Tengah – Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (HIPMIKINDO) Lampung tengah lakukan audensi dengan Dinas Koperasi dan UMK Lampung tengah yang langsung di terima oleh Makmuri selaku kepala dinas Koperasi dan UMK Lamteng, 22/10/2020.

Audensi dilaksanakan di ruang kerja kepala dinas koperasi dan UMKM Lamteng, hal yang di bahas dalam audensi tersebut terkait arahan kepala dinas untuk kemajuan HIPMIKINDO Lamteng dan komunikasi progam kerja yang bisa berjalan berdampingan bersama.

Ardi selaku ketua Hipmikindo lamteng menyampaikan beberapa hal prinsip terkait progam kerja hipkindo lamteng dan juga harapan kedepan keterlibatan dinas terkait untuk bersama – sama mengembangkan UMKM di Lampung tengah.

” Kami berharap dinas koperasi bisa kerjasama dengan Hipmikindo dan jalan berdampingan dalam rangka kemajuan Umkm di lampung tengah ” ujar ardi selaku ketua hipmikindo lamteng.

Dari audensi tersebut makmiri selaku kepala dinas koperasi dan umkm lamteng memberi arahan terhadap perjalan hipmikindo kedepan, makmiri berharap kelak hipmikindo lamteng bisa membantu dinas terkait untuk mengakomodasi para pelaku Umkm di manapun berada, terkhusus di lampung tengah.

“Kita harapkan kedepan bisa bisinergi dalam rangka memajukan umkm di lampung tengah” ujar makmuri selaku kepala dinas koperasi dan Umkm lamteng.  (*)

 

 

Gubernur Arinal Dorong Pengembangan Koperasi dan UMKM Lampung

Lampung24jam.com, Bandar Lampung, —– Gubernur Arinal didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari memberikan arahan pada kegiatan coffee morning yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Lampung, bertempat di Hotel Sheraton Lampung, Rabu (21/10/2020).

Coffee Morning yang mengusung tema Transformasi Koperasi dan UMKM Lampung Pasca Pandemi Covid-19 Mendorong Sektor Riil dan Digitalisasi UMKM diadiri oleh unsur Kanwil Dirjen Pajak, Kepala OJK, Pimpinan Perbankan, BUMN dan BUMD dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dalam laporannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Taufik Hidayat mengungkapkan bahwa acara coffee morning merupakan acara rutin yg diselenggarakan sebagai wadah komunikasi antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan dunia usaha, UMKM, perbankan dan sektor riil.

Dalam kegiatan tersebut dibahas berbagai Program dan stimulus yang ditujukan untuk mendorong pengembangan Koperasi dan UMKM untuk terus menjalankan usahanya di tengah Pandemi Covid-19 dan membangun siinergi dengan penggiat Koperasi dan pelaku UMKM Provinsi Lampung.

Sementara itu dalam arahannya, Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Lampung terus berusaha dengan berbagai upaya untuk mendorong pengembangan Koperasi dan UMKM.

“Saya harus menyerap aspirasi, karena pembangunan di Provinsi Lampung harus dilakukan bersama – sama, Pemerintah memberikan perhatian yang besar kepada UMKM,” ungkap Gubernur.

Menurut Arinal, Provinsi Lampung saat ini merupakan lokomotif pertanian dan ketahanan pangan di Indonesia yang mendukung pemenuhan kebutuhan pangan di Indonesia, disamping Lampung sebagai penghasil komoditi pertanian dan perkebunan, sektor UMKM terus dikembangkan, hilirasi produk pertanian dan perkebun harus diperankan oleh UMKM, pengembangannya sangat bergantung kepada cara pengelolaan dan penanganannya.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh usaha dan upaya yang terus dikembangkan oleh Koperasi dan UMKM yang ada di Provinsi Lampung.

“Pemerintah terus mendorong pengembangan koperasi dan UMKM untuk memajukan usaha kerakyatan di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Lebih lanjut Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa Pandemi Covid-19 saat ini justru diharapkan menjadi pemicu kebangkitan bagi UMKM, dimana saat ini pemasaran dan transaksi cenderung dilakukan dengan mengadopsi teknologi digital.

“Saya berharap agar pelaku usaha dapat melakukan berbagai penyesuaian, termasuk menjajaki ruang – ruang digital,” harapnya.

Gubernur Arinal juga berpesan kepada seluruh pelaku usaha untuk tetap selalu menerapkan protokol kesehatan dengan penuh kesadaran dimasa Pandemi covid-19 ini.

Dalam kegiatan coffee morning ini, pelaku usaha juga mengharapkan fasilitasi pemasaran produk – produk UMKM baik nasional maupun ekspor.

“Hari ini saya mengumpulkan UMKM, untuk keluarkan kesulitan, keluarkan potensi, sehingga Pemerintah dapat mendengar dan memberi jalan keluar,” ungkap Gubernur Arinal.

Pengembangan UMKM dibidang kelautan dan Perikanan juga menjadi sorotan Gubernur disela – sela arahannya. (*)

Disambut Hangat, LSM Pijar Silaturahmi Dengan Kodim 0429 Lampung Timur

Lampung24jam.com, Lampung Timur – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pijar Keadilan Lampung Timur mengunjungi untuk bersilaturahmi dengan Kodim 0429/Lamtim, Jum’at 16/10/2020.

Kunjungan perdana, di sambung hangat Letkol Kav. M Darwis dan Passi Iltel Kodim Damiri di Mako Kodim 0429/Lampung Timur.

Ketua Pijar Keadilan Muklis, S.H mengatakan kedatangan rombongan Pijar Keadilan adalah untuk bersilaturahmi dengan Kodim 0429/Lamtim, untuk menyampaikan temu kangen dan bersyukur atas keberadaan kantor Pijar yang baru dan sekaligus untuk mengundang Dandim 0429/ Lamtim untuk menghadiri Kongres Di Bandar Lampung di awal Bulan November nanti.

” Kami dari jajaran LSM Pijar Keadilan bersilaturahmi dengan Kodim 0429/Lamtim. Mengingat, kegiatan seperti ini temu sapa dengan jajaran institusi yang ada di Lampung Timur,”terang Muklis.

Senada dengan, Letkol Kav M. Darwis menyampaikan kami sangat berbahagia dan senang sekali atas kedatangan rombongan Pijar Keadilan Lampung Timur, telah bersedia menyempatkan diri untuk singgah Di Kodim 0429/Lamtim, untuk bersilaturahmi dan menyatukan visi dan misi dalam hal membangun Lampung Timur yang kita cinta ini.

” Kami sangat apresiasi penuh terhadap kawan-kawan LSM yang mau bersinergi dengan Kodim 0429/Lamtim, karena tanpa kebersamaan kita tidak bisa mewujudkan impian masyarakat Lampung Timur yang lebih baik,”Ujar Dandim 0429/Lamtim. (*)

Hipmikindo Lampung Tengah Tunjukan Progres yang Signifikan

Lampung24jam.com, Lampung Tengah – Himpunan pengusaha mikro dan kecil menengah Indonesia (Hipmikindo) cabang Lampung Tengah telah menunjukan progres yang signifikan, setelah mendapat surat keputusan (SK) kepengurusan Hipmikindo Lampung Tengah melanjutkan agenda pelengkapan berkas ke Dinas Kesbangpol.

Ardi selaku ketua Hipmikindo Lampung Tengah menjelaskan bahwa perlengkapan berkas ke Dinas Kesbangpol telah dilengkapi dan diterima dengan baik dan sudah mendapatkan surat tanda lapor dari Dinas Kesbangpol Lamteng, Senin 12/10/2020

“Alhamdulillah berjalan dengan tidak ada halangan, lancar-lancar saja. Kita hari ini sudah dapat surat balasan dari Dinas Kesbangpol” Ujar Ardianto.

Selain itu Hipmikindo telah mengirim surat audensi dengan Pjs Bupati lampung tengah yang langsung diterima oleh Tarmuji kepala protokoler Bupati Lampung tengah.

“Kita sudah ketemu pak Tarmuji selaku kepala protokoler Bupati, kita tinggal menunggu info dari pemda” Pungkas ardi ketua Hipmikindo Lamteng. (*)

 

error: Dilarang Copy Paste, Jika Ingin Merilis Hubungi Admin. ThankYou
Lampung24jam.com