Beranda blog

Bandarlampung Cairkan Gaji 13 PNS Bareng dengan Gaji Juli

Lampung24jam.com, Lampung – Para pegawai negeri sipil di Kota Bandarlampung nampaknya akan segera menerima kabar baik terkait pencairan Gaji ke-13 Yang akan dibayarkan pada 1 Juli 2022 berbarengan dengan gaji bulan Juli.

Kepastian itu disampaikan Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung M Nur Ramdhan, Rabu (22/6/2022).

“Kita alokasikan Rp88 miliar untuk gaji 13 dan gaji bulan Juli,” kata dia.

Ramdhan mengungkapkan kondisi keuangan Pemkot saat ini sudah jauh lebih baik dibandingkan saat pandemi COVID-19 lalu.

“Artinya kalau kondisi keuangan kita susah, enggak akan kita mampu seperti itu membayarnya dengan sekaligus berbarengan,” imbuhnya.

Selain perintah dari Wali Kota Eva Dwiana, Ramdhan menyebut pembayaran gaji ke-13 itu juga sesuai dengan edaran Menteri Keuangan nomor 75 tahun 2022.

Ia merinci, total anggaran untuk gaji ke-13 sendiri sama seperti THR, yakni sekitar Rp45 miliar. Sementara untuk gaji bulan Juli itu Rp43 miliar. “Rp88 miliar Itu khusus untuk ASN, kalau honorer itu belum termasuk,” sambungnya.

Ramdan juga menyampaikan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021 yakni pada saat pandemi COVID-19 hanya Rp500 juta, namun saat ini kondisi sudah jauh lebih baik dengan rata-rata pendapatan Rp1 miliar per hari.

“Mudah-mudahan akan semakin naik dan bisa mencapai Rp2 miliar PAD kita per hari-nya,” tandasnya. (*)

Tagih Janji, 50 Ketua RT dan RW Geruduk Kantor Bupati Tulangbawang

Lampung24jam.com, Tulangbawang – Tagih Janji bupati untuk meningkatkan pendapatan ketua RT sebanyak 300%, Sekelompok warga yang terdiri dari ketua RT dan Ketua RW geruduk kantor bupati Tulangbawang.

Adapun 50 ketua RT dan RW yang datangi kantor bupati tulangbawang berasa dari empat kelurahan di Kecamatan Menggala.

“Kami mempertanyakan peningkatan pendapatan Ketua RT sebesar 300 persen yang dijanjikan Ibu Bupati,” ujar Yulianto, salah seorang Ketua RT saat mendatangi kantor bupati Tulangbawang, Lampung, Senin (13/6/2022).

Janji tersebut, kata Yulianto, tertuang dalam 25 Program BMW poin keempat.

Namun kedatangan para RT dan RW ke kantor Bupati Tulangbawang berbuntut kekecewaan. Sebab, orang yang mereka cari tidak ada di kantor.

Dari keterangan Staf Protokol Bupati Tulangbawang, Ari Irawan, Bupati Tulangbawang sejak Jumat akhir pekan lalu sedang dinas luar.

“Kalau memang bapak-bapak mau audiensi sama Ibu Bupati tolong bikinkan surat tembusan dulu,” ujar dia. (*)

Pringsewu Ditunjuk Menjadi Salah Satu Sentra Tapis Lampung

Lampung24jam.com, Pringsewu – Pemerintah kabupaten Pringsewu di tunjuk menjadi salah satu kabupaten sentra tapis di lampung, ada tiga kabupaten sentra tapi di Lampung yakni Pesisir Barat, Tanggamus dan Pringsewu.

Dengan ditunjuknya Pringsewu menjadi salah satu sentra tapis Lampung, Penjabat (Pj) Bupati Adi Erlansyah akan berkomitmen untuk memajukan Pringsewu melalui tapis dengan sejumlah langkah yang akan di tempuh.

Menurutnya,  Pringsewu telah ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Lampung sebagai salah satu sentra tapis di Provinsi Lampung.

“Ada tiga daerah di Lampung yang ditunjuk oleh Gubernur Lampung sebagai sentra tapis, yakni Pesisir Barat, Tanggamus dan Pringsewu. Hal ini tentunya merupakan peluang bagi Kabupaten Pringsewu,” ujarnya saat meninjau program Gema Berjumpa Pringsewu, Jumat, 10 Juni 2022.

Untuk itu, lanjut Adi, pihaknya meminta agar produk UMKM di Pringsewu, khususnya tapis agar menampilkan ciri khas Pringsewu, karena semua daerah di Lampung juga membuat tapis.

Pihaknya akan membantu cara mendesain yang dapat dijadikan sebagai ciri khas Pringsewu serta diterima oleh masyarakat.

“Kalau bisa kita jangan hanya terpaku di Pringsewu, tetapi juga ke Bandar Lampung. Misalnya jika ada event di Bandar Lampung, nanti bisa dibantu mencarikan tempat untuk mempromosikan produk UMKM Pringsewu,” katanya.

Sementara itu, Kadis Koperindag Kabupaten Pringsewu Malian Ayub, mengatakan tujuan dari kegiatan Gema Berjumpa adalah untuk menggerakkan UMKM di Kabupaten Pringsewu agar bisa menambah geliat ekonomi masyarakat.

“Sebagaimana harapan Penjabat Bupati Pringsewu, kegiatan ini akan berlanjut dan kita akan terus tingkatkan. Tadi juga disampaikan beliau, agar dapat ditambahkan di kemasan produk yang menandakan sebagai produk Pringsewu,” pungkasnya. (*)

Gubernur Arinal Lantik Ardian Saputra Sebagai Wabup Lampung Utara

Lampung24jam.com, Bandar Lampung — Gubernur Arinal Djunaidi melantik dan mengukuhkan Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra, Sisa Masa Jabatan 2019-2024, di Balai Keratun Lt.III, Jumat (10/6).

Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 132.18-1265 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Wakil Bupati Lampung Utara Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal dalam sambutannya menjelaskan bahwa pelantikan ini merupakan pemenuhan atas ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengisian kekosongan jabatan Wakil Bupati Lampung Utara, setelah H. Budi Utomo pada tanggal 3 November 2020 lalu dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Bupati Lampung Utara untuk sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Gubernur Arinal kemudian menjelaskan Wakil Bupati Lampung Utara memiliki tugas utama untuk membantu Bupati Lampung Utara dalam Memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, Mengkoordinasikan kegiatan perangkat daerah dan menindaklanjuti laporan atau temuan hasil pengawasan aparat pengawasan dan Memantau serta mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah, kelurahan atau desa.

Gubernur melanjutkan, sebagai Wakil Bupati, Ardian Saputra juga mempunyai tugas untuk memberikan saran dan pertimbangan kepada Bupati Lampung Utara dalam pelaksanaan pemerintahan daerah, melaksanakan tugas dan wewenang Bupati apabila Bupati berhalangan tetap atau sementara, melaksanakan tugas dan kewajiban lainnya yang diberikan oleh Bupati melalui Keputusan Bupati, serta melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai ketentuan.

“Perundang-undangan menyatakan secara lugas bahwa Wakil Bupati dalam melaksananakan tugas dan kewenangannya bertanggung jawab kepada Bupati,” kata Gubernur Arinal.

Oleh karenanya, Gubernur mengimbau Wakil Bupati Ardian Saputra untuk senantiasa berkomunikasi dan menjaga harmonisasi yang baik dalam melaksanakan peran serta fungsi kepada Bupati dan seluruh instrumen pemerintahan maupun elemen kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Lampung Utara.

“Saya berharap dengan telah dilantiknya Saudara Ardian Saputra, sebagai Wakil Bupati Lampung Utara, maka Bupati Lampung Utara sudah dapat membagi beban tanggungjawabnya kepada Wakil Bupati sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Gubernur Arinal.

“Jabatan itu amanah. Jangan mengambil apapun kecuali yang menjadi hak. Maksimalkan karya untuk kemaslahatan dan kemakmuran rakyat Lampung Utara. Wariskan karya-karya pembangunan yang inovatif dan kreatif. Saat pergi, jangan tinggalkan apapun kecuali kader dan teladan yang baik,” pesan Gubernur.

Gubernur kemudian menyebutkan, saat ini fokus kebijakan pemerintah, masih terarah kepada melanjutkan pengendalian Covid-19 dan sektor kesehatan serta pemulihan perekonomian, Menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu dan rentan, Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, Melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi, Penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah, dan Melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero-based-budgeting.

Di akhir sambutan, Gubernur Arinal menjelaskan bahwa kedepan, fokus pemerintah akan diarahkan kepada penetapan kebijakan fiskal yang mendukung pemulihan perekonomian, pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia, pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, revitalisasi industri, serta dukungan-dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi hijau.

“Hal-hal tersebut perlu untuk segera direspon oleh seluruh pemerintah daerah Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung melalui tahapan-tahapan penyusunan rancangan Rencana Kerja Daerah yang terukur, terarah, efektif dan efisien,” kata Gubernur Lampung.

Hadir dalam acara pelantikan, Anggota DPR RI Mukhlis Basri, Forkopimda Provinsi Lampung dan Lampung Utara, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, Sekdaprov Lampung, Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.(*)

Kasus Pencabulan Anak, Pria Paruhbaya Asal Pesawaran Nyaris Diamuk Massa

Lampung24jam.com, Pesawaran – SF (53) Pria paruhbaya asal warga Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan pesawaran nyaris diamuk masa, massa geram pasalnya pria yang sudah berumur itu diduga melakukan pencabulan terhadap anak dibawah umur.

Jika pihak kepolisian tidak bertindak cepat, bisa dipastikan pelaku babak belur ditangan warga yang geram, Senin 06/06/2022.

Kepala Desa Sukajaya Lempasing Zaenuri membenarkan adanya peristiwa penangkapan terhadap salah satu warganya yang diduga melakukan pencabulan anak dibawah umur.

“Iya mas, kejadian itu kemarin malam, karena massa sudah banyak berdatangan pelaku langsung diamankan Bhabinkamtibmas dan Babinsa kemudian dibawa ke Polsek Padang Cermin,” kata Zaenuri saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu 8 Juni 2022.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Pesawaran AKP Supriyanto Husin mewakili Kapolres AKBP Pratomo Widodo, mengatakan, kasus tersebut telah di terima beserta pelaku sudah diamankan di Mapolres Pesawaran.

“Saat ini masih dalam proses pendalaman dan kami juga sudah meminta keterangan dari korban berserta ibu korban,” kata dia.

“Pelaku berhasil diamankan oleh massa, kemudian saat ini sudah dilakukan penangkapan dan penahanan terhadap pelaku tersebut,” pungkasnya. (*)

Curi Motor Ditempat Hajatan, Pemuda Asal Lampung Barat Ditangkap

Lampung24jam.com, Lampung Barat – Curi Motor Ditempat Orang yang sedang gelar hajatan, Pemuda asal Pekon Pagar Dewa, Sukau, Lampung Barat inisial IY (21) ditangkap jajaran Polsek Balik Bukit Lampung Barat, Jumat 3/6/2022.

Kapolsek Balik Bukit, Iptu Arnis Daely mengatakan, IY mencuri sepeda motor Yamaha Jupiter BE 8942 QA milik Solihin, warga Pekon Jagaraga, Sukau. Ada pun aksi pencurian itu, terjadi pada Kamis (2/6/2022) malam.

“Kejadian ini bermula, saat korban pergi ke rumah tetangganya berjarak 500 meter, yang menggelar hajatan pernikahan. Saat di lokasi, sore harinya korban memarkirkan sepeda motornya di halaman rumah warga sekitar lokasi hajatan,” kata Iptu Arnis Daely dalam keterangannya, Minggu (5/6/2022).

Setelah mengunci setang sepeda motornya, korban pergi ke pesta hajatan, karena saat itu korban juga diminta menjadi panitia. Namun setelah acara selesai, korban kaget melihat sepeda motornya di parkiran sudah tidak ada.

“Korban kemudian berupaya mencari disekitaran lokasi, namun tidak juga ditemukan. Atas kejadian itu, korban langsung melapor ke Mapolsek Balik Bukit, untuk ditindaklanjuti,” ujar Arnis Daely.

Dari laporan korban, tim kemudian bergerak melakukan penyelidikan, untuk memburu keberadaan pelaku. Sehari kemudian, tim mendapat informasi sepeda motor korban berada di Pekon Pagar Dewa.

Pelaku kemudian berhasil ditangkap tanpa perlawanan di rumahnya. Namun pelaku mencoba menghilangkan jejak barang bukti, dengan merubah warna sepeda motor korban dari merah marun ke warna hitam. (*)

Wagub Chusnunia Lepas 393 Calon Jamaah Haji Lampung

Lampung24jam.com, Bandar Lampung — Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, melepas Calon Jamaah Haji (CJH) Provinsi Lampung Tahun 1443 H/2022 M, bertempat di Gedung Madinatul Hujjaz, Asrama Haji Rajabasa Bandar Lampung, Minggu (05/06/2022).

Wagub Chusnunia dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa calon jamaah haji merupakan orang-orang istimewa yang dipanggil untuk menjadi tamu Allah.

“Bukan hanya fisiknya, bukan hanya jasmaninya yang datang, tapi batiniah dan rohaniah pun hadir, ” ucap Wagub.

Wagub juga menyampaikan pesan Gubernur yang harus diperhatikan oleh para calon jamaah haji, yakni menjaga kesehatan meskipun pandemi Covid-19 sudah mulai melandai.

‘Bukan berarti tidak ada lagi virusnya, bukan hanya pada saat pandemi Covid, semuanya tetap wajib menerapkan protokol kesehatan agar selama menjalankan ibadah para jamaah diberikan kesehatan dan kekuatan”, pesannya.

Wagub juga menyampaikan kepada para calon jamaah haji, bahwa musim haji di tahun ini bertepatan dengan cuaca yang agak panas di tanah suci, sehingga calon Jamaah Haji diimbau untuk bisa menghemat energi dengan memilih jadwal dengan baik.

Untuk diketahui, Calon Jama’ah Haji Provinsi Lampung Tahun 1443 H/2022 M berjumlah sebanyak 3.246 orang terdiri dari 3.214 Jamaah dan 32 Petugas Kloter yang terbagi dalam 9 (sembilan) pemberangkatan.

“Alhamdulillah, Pemberangkatan Pertama Provinsi Lampung yang akan diberangkatkan hari ini berjumlah 393 Jamaah, yang berasal dari Kota Bandar Lampung, ” tambahnya.

“Saya mendoakan semoga para Jamaah Calon Haji baik saat berangkat ke tanah suci hingga kembali ke tanah air berada dalam keadaan sehat, selamat dan dapat berkumpul kembali bersama keluarga. Dan mudah-mudahan seluruh Jamaah Lampung dapat memperoleh haji yang mabrur”, pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo, dalam laporannya mengungkapkan rasa syukurnya karena baru ditahun 2022 ini calon jamaah haji provinsi Lampung dapat menunaikan Ibadah haji kembali.

“Alhamdulillah syukur yang sebesar-besarnya karena pada malam hari ini akhirnya kita bisa sama-sama menyaksikan dan melepas jamaah haji asal Provinsi lampung yang sudah 2 tahun lebih menunggu”, ucapnya.

Kementerian Agama berkomitmen untuk memberikan pelayanan sebaik – baiknya kepada para calon jamaah haji.

Hadir dalam Acara Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Anggota Forkopimda Provinsi Lampung, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Kakanwil Kemenkumham Provinsi Lampung, Ketua MUI Lampung. (*)

3 Kali Beraksi, Remaja Pembobol Toko dan Minimarket di Way Kanan Diciduk Polisi

Lampung24jam.com, Waykanan – Tiga kali lancarkan aksinya membobol toko dan minimarket, Seorang remaja asal Campur Asri, Baradatu, Way Kanan inisial BI (17), ditangkap jajaran Polsek Baradatu Way Kanan, Minggu 29/5/2022.

Kepala Satreskrim Polres Way Kanan, AKP Andre Try Putra mengatakan, tercatat pelaku ini sudah tiga kali beraksi sejak Maret 2022. Pertama beraksi, pelaku membobol toko milik Solba (46) di Kampung Tiuh Balak.

“Ketika itu, karyawannya hendak membuka toko melihat barang-barangnya berantakan, dan atap plafon jebol. Pelaku menggasak sejumlah rokok berbagai merek, vape liquid elektrik berbagai merek, dan uang tunai Rp500 ribu,” kata AKP Andre Try Putra, Jumat (3/6/2022).

Kemudian pelaku kembali beraksi di minimarket pada 2 April 2022, dengan merusak plafon. Pelaku mencuri sejumlah rokok berbagai macam merk dan uang Rp200 ribu. Akibat pencurian itu, perusahaan minimarket mengalami kerugian sebesar Rp13,6 jutaan.

“Dua pekak kemudian, pekaku membobol rumah warga di Kelurahan Campur Asri, pada 27 April 2022. Dari rumah itu, pelaku mencuri dua unit Ponsel, setelah menjebol jendela belakang rumah korban,” ujar Andre.

Berdasarkan kejadian itu, para korban melakukan laporan ke Mapolsek Baradatu, Way Kanan untuk ditindaklanjuti. Kemudian pada Minggu (29/5/2022) malam, pelaku berhasil ditangkap di Kampung Bakti Negara.

Dari penangkapan, diamankan barang bukti berupa satu unit Ponsel, dua vape, dua liquid, tujuh baterai, dan enam buah coil. Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal tujuh tahun. (*)

Ponpes Darul Hisoh Selagai Lingga Lamteng, Gratiskan Biaya Makan Santri dan Pendidikan

Lampung24jam.com, Selagai Lingga – Pondok pesantren Darul Hisoh yang di asuh oleh Gus Rudi menyelenggarakan kegiatan belajar tanpa biaya atau Gratis, tidak hanya biaya pesantrenya, untuk biaya makan juga gratis ditanggung oleh pondok pesantren.

Pondok pesantren yang mulai pembangunan di tahun 2019 ini, berada di kampung Sidoharjo Kecamatan Selagai lingga kabupaten Lampung tengah. Selain pesantren ada juga pendidikan formal berupa SMP darul hisoh yang juga gratis bagi yatim dan dhuafa, adapun biaya selain dari kalangan dhuafa dan yatim hanya di pungut Rp.50.000 perbulan.

Selain tempatnya yang sangat strategis, yakni dekat dekan jalan raya, pondok pesantren darul Hisoh juga memiliki bangunan yang baru, serta fasilitas MCK yang memadai. Dari tempat tidur santri sampai dengan ruang belajar yang nyaman.

Adapun progam unggulan dari pondok pesantren ini adalah Tahfidzul Qur’an dan pengajian kitab kuning, seperti nahwu, sorof, fiqih, akhlak, tauhid, tajwid, dan tarikh, serta kegiatan seperti pembacaan albarjanji, Hadroh, yasinan dan khitobah.

Dengan adanya pendidikan gratis ini, diharapkan masyarakat sekitar mampu memanfaatkan fasilitas dengan memondokan anaknya ke pondok pesantren darul Hisoh yang bernafaskan Nahdlatul Ulama.

Biaya makan tiga kali sehari gratis, tidak ada biaya bisaroh, listrik maupun asrama, agar supaya santri fokus belajar dan mengaji tanpa harus bingung memenuhi kebutuhan dan biaya di pesantren. (*)

 

Curi Motor di Baypas, Remaja Asal Panjang Dibekuk Polisi

Lampung24jam.com, BANDAR LAMPUNG  Curi sepeda motor di Jalan Bypass Soekarno Hatta, Panjang, Bandar Lampung, Seorang remaja asal Srengsem, Panjang, Bandar Lampung inisial AK (19), ditangkap jajaran Polsek Panjang, Selasa 24/05/2022.

Kapolsek Panjang, Kompol M. Joni membenarkan adanya penangkapan tersebut. Pelaku maling sepeda motor di rumah Deri Losefa (55) pada Selasa (26/4/2022).

“Dalam aksinya, pelaku ini masuk ke rumah korban dengan cara membuka pintu gerbang yang tidak terkunci. Kemudian pelaku langsung mengambil sepeda motor korban, yang terparkir di teras rumahnya,” kata Kompol M. Joni dalam keterangannya, Rabu (1/6/2022).

Ketika itu, sepeda motor korban kondisinya tidak dikunci stang, sehingga memudahkan pelaku mencuri. Tak lama kemudian pelaku mendorong sepeda motor korban, hingga keluar gerbang, setelah itu langsung dibawa kabur.

“Setelah itu, korban melapor ke Mapolsek Panjang, untuk ditindaklanjuti. Setelah buron sebulan, pelaku berhasil ditangkap di rumahnya di sekitaran Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara,” ujar M. Joni.

Dari pengakuan pelaku, sepeda motor hasil curiannya itu, sudah dijual dengan orang yang tidak dia kenal. Sementara uang hasil penjualannya motor curian digunakan untuk keperluannya. (*)