Beranda blog

Selamat …Sebanyak 297 Siswa-Siswi Kelas XII SMA Negeri 1 Metro Yang Lulus Di Tahun 2024

Lampung24jam.com| Metro — Wali Kota Metro, Wahdi memberikan apresiasi atas kelulusan siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Metro 2024.

Walikota mengatakan, sebanyak 297 siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Metro yang lulus di tahun 2024.

“Harapan saya pendidikan di Kota Metro akan semakin baik lagi. Mengingatkan saja, harus tetap sinergi, berkolaborasi, antara pusat, provinsi dan daerah,” kata Wahdi, usai menghadiri Graduation Ceremony Class Of 65 SMA Negeri 1 Metro, di Gedung Sessat Agung Bumi Sai Wawai kota setempat, Senin (20/5/2024).

Selain itu, ia mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut, ada beberapa siswa-siswi yang telah mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

“Ada 45 siswa-siswi yang telah mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Mudah-mudahan pendidikan di Kota Metro semakin baik lagi,” ungkapnya.

Walikota menyebut, walaupun SMA, SMK adalah tanggung jawab dari provinsi, namun tidak lepas juga dari tanggung jawab daerah.

“SMA, SMK yang sederajat itu tentu tanggung jawab provinsi. Tapi tidak lepas juga dari tanggung jawab daerah, sehingga harus ada komunikasi semua,” ucapnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Metro, M. Kholid menyampaikan, kelulusan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

“Sesuai dengan instruksi, kelulusan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Karena tahun ini, SMA Negeri 1 Metro merampungkan wisuda sekaligus sudah membagikan ijazah, kecuali anak-anak yang belum sidik jari. Alhamdulillah anak-anak nanti tidak ada halangan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya,” ujarnya.

Dia berharap, kepada siswa-siswi yang telah lulus, agar dapat menjaga nama almamater dan meningkatkan prestasi.

“Saya yakin, dengan persaingan global saat ini, anak-anak SMA Negeri 1 Kota Metro dapat bersaing di level regional maupun internasional. Karena ada dari anak kita, ada pertukaran pelajar, ada satu dikirim ke Prancis, dan dari Belgia ada yang belajar di Smansa. Saat ini memang kita sudah di level internasional,” ucapnya.(**)

JMSI : Demokrasi Sudah On The Track

Lampung24jam.com|JMSI Demokrasi harus berjalan seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Jika melihat kondisi hari ini, maka demokrasi sudah on the track.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pembina Relawan Prabowo-Gibran (RMPG), Khalid Zabidi yang turut dipaparkan dalam diskusi Komunitas alumni ITB Ganesha Breeding Club (B-Club).

Khalid yang juga Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) memaparkan, di zaman Orde Lama politik menjadi panglima sehingga membuat kondisi ekonomi terbengkalai. Kondisi tersebut berubah di saat Orde Baru, di mana panglimanya berubah menjadi ekonomi.

“Tapi di Orde Baru, tidak ada demokrasi sehingga runtuh dalam perjalanan panjang. Maka tidak ada jalan lain kecuali kita mempertahankan demokrasi dan berupaya mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ungkap aktivis ITB ini dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/5).

Oleh karena itu, Khalid mengapresiasi sikap Prabowo Subianto yang berkali-kali mencalonkan diri sebagai presiden. Menurutnya, Ketua Umum Partai Gerindra ini teguh dengan jalan demokrasi hingga akhirnya memenangkan pertarungan di Pilpres 2024.

“Saya sangat mengapresiasi Prabowo yang tiga kali menjadi capres dan akhirnya menang. Kami alumni ITB hari ini menyatakan mendukung pemerintahan Prabowo,” jelas Khalid.

Pada dasarnya, sebuah bangsa tidak hanya mempersiapkan diri menghadapi kebangkitan, tetapi juga kegagalan (failure) dan keruntuhan (collapse). Khalid lantas menyinggung pandangan ekonom Amerika-Turki, Daron Acemoglu yang menyebut institusi negara banyak menemui kegagalan.

Demokrasi, ungkap Khalid, akan menciptakan dinamika untuk mengubah tatanan lama yang tidak relevan menjadi tatanan baru yang lebih menjawab tantangan masa depan.

“Schumpeter (ekonom Amerika-Austria) pada 1942 menamainya creative destruction atau penghancuran kreatif, segala teknologi dan inovasi baru akan meruntuhkan cara hidup lama,” sebut Khalid.

Oleh karena itu, sebagai komunitas yang memiliki kapasitas dalam teknologi dan inovasi, alumni ITB perlu berkomitmen kuat mendukung demokrasi dengan ikut memberikan sumbangan pikiran kepada Prabowo sebagai presiden terpilih.

“Jadi B-Club Alumni ITB akan berkomitmen pada dua hal, penegakan demokrasi dan pengembangan teknologi dan inovasi untuk pertumbuhan ekonomi,” tutup Khalid. (**)

DPD Asosiasi Pewarta Pers Indonesia (A-PPI) Kota Metro adakan Audensi Dengan Walikota Metro

SketsaIndonesia.com|Kota Metro – Dewan pimpinan daerah asosiasi pewarta pers Indonesia (A-PPI) Kota Metro yang diketuai oleh Tri Agus Wantoro, S.E. datangi kantor walikota Metro untuk mengadakan audensi. Kamis (16/05/2024)

Dalam agenda audensi Asosiasi Pewarta Pers Indonesia Kota Metro Turut hadir kepala dinas komunikasi dan informatika (DISKOMINFO) kota Metro” Subehi” beserta jajarannya

Diketahui DPD A-PPI mengajukan surat permohonan audensi pada hari Jum’at lalu kemudian pelaksanaan audensi pada hari ini Kamis 16 Mei 2024 Pukul 10.00 WIB di Gedung Pemerintah Daerah Kota Metro.

Lanjutnya , Kedatangan TIM A-PPI disambut baik oleh Walikota Metro dr.Wahdi Sirajudin, Sp. OG., (K), M.H. dan TIM A-PPI yang ikut hadir dalam kegiatan ini Adalah Tri Agus Wantoro, S.E. (Ketua), Gustiwan (Sekertaris) dan Vindo Datuk,So (Bendahara) serta jajaran anggota A-PPI yang juga sebagai Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Metro.

“Kehadirannya A-PPI pada kesempatan ini adalah sebagai silaturahmi dan kami siap berkerja sama dengan mendukung kinerja walikota dan mendukung pembangunan di Kota Metro”
Ujar Tri Agus Wantoro, S.E. (Ketua A-PPI)

Pada kesempatan yang sama Gustiwan sebagai sekertaris juga memberikan sambutan.

“A-PPI hadir sebagai organisasi pewarta yang berbeda dengan yang lain kami mengedepankan profesionalitas dan adab yang baik disisi lain kami juga berkerja sama dengan rekan-rekan mahasiswa fakultas” . Ungkap Gustiwan

Ditempat yang sama dr. Wahdi Sirajudin, Sp OG. (K). M.H. juga selaku walikota metro menyambut baik kedatangan TIM A-PPI Kota Metro

“Kita harus berbangga dengan Kota Metro, Karena memiliki potensi yang baik. Kebaikan yang dimiliki oleh Kota Metro ini harus kita dukung dengan pemberitaan. Adapun ada hal-hal yang kurang baik silahkan di beritakan dengan cara yang baik,dan terimakasih kepada Asosiasi Pewarta Pers Indonesia Kota Metro yang sudah memperkenalkan diri dan bersilaturahmi kepada pemerintah kota metro kedepannya kami berharap dapat bersinergi bersama pemerintah daerah yang ada di kota metro ” Terangnya Walikota Metro

Diakhir acara Asosiasi Pewarta Pers Indonesia Kota Metro juga memberikan kenang-kenangan dengan memberikan plakat ucapan terimakasih kepada Walikota Metro dan sesi Poto bersama . (**)

JMSI Tolak RUU Penyiaran yang Bertentangan dengan UUD 1945 dan UU Pers

JMSI. Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber  Indonesia (JMSI) menolak draf RUU Penyiaran yang tengah digodok DPR RI. JMSI menilai, draf RUU Penyiaran itu berisi pasal-pasal yang mencederai kebebasan pers dan membahayakan demokrasi.

 

JMSI mengingatkan, kemerdekaan pers dan hak masyarakat akan informasi dijamin oleh UUD 1945.

 

Salah satu pasal di dalam draf revisi UU Penyiaran yang menjadi sorotan publik khusunya masyarakat pers adalah Pasal 50B ayat (2) huruf c yang melarang penayangan eksklusif karya jurnalistik investigatif.

 

Ketua Umum JMSI Teguh Santosa mengatakan, bunyi Pasal 50B ayat (2) huruf c itu bertentangan dengan UUD 1945 Pasal 28F yang berbunyi, “Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia”.

 

Pasal 50B ayat 2 huruf c itu juga bertentangan dengan UU 40/1999 tentang Pers khususnya Pasal 4 ayat (2) yang menyatakan bahwa terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan, dan pelarangan penyiaran.

 

“Selama karya tersebut memegang teguh kode etik jurnalistik, berdasarkan fakta dan data yang benar, dibuat secara profesional dan semata-mata untuk kepentingan publik maka tidak boleh ada yang melarang karya jurnalistik investigasi disiarkan oleh lembaga penyiaran televisi dan radio serta media digital mereka,” ujarnya.

 

Secara subtansi, sambung Teguh, aturan yang melarang penayangan eksklusif karya jurnalistik investigasi oleh lembaga penyiaran dapat diartikan sebagai upaya intervensi dan pembungkaman kemerdekaan pers di tanah air.

 

Teguh juga menggarisbawahi, masyarakat khawatir RUU Penyiaran itu menjadi alat kekuasan serta politik oleh pihak tertentu untuk mengkebiri praktik jurnalistik yang profesional dan berkualitas.

 

Selain itu, huruf k di dalam Pasal 50B ayat (2) RUU Penyiaran melarang penayangan “isi siaran” dan “konten siaran” yang mengandung berita bohong, fitnah, penghinaan, dan pencemaran nama baik.

 

Menurut Teguh, bagian ini sangat multi tafsir dan berpotensi menjadi “pasal karet”. Dia mengingatkan, penilaian terhadap “berita bohong” adalah domain dan kewenangan Dewan Pers seperti diatur dalam UU Pers yang disemangati UUD 1945.

 

JMSI juga menilai Pasal 8A huruf q dan Pasal 42 ayat (2) dalam RUU Penyiaran yang menyebutkan penyelesaian sengketa terkait dengan kegiatan jurnalistik lembaga Penyiaran dilakukan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tidak pantas.

 

Menurut hemat Teguh, bagian ini harus dikaji ulang dengan sungguh-sungguh karena bersinggungan dengan amanat UU Pers yang memberikan kewenangan kepada Dewan Pers untuk menyelesaikan sengketa karta jurnalistik.

 

Mantan anggota Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini mengingatkan DPR RI bahwa baik UUD 1945 maupun UU Pers memberikan mandat kepada masyarakat pers nasional untuk mengatur kehidupan pers yang sehat, profesional dan berkualitas melalui mekanisme self regulation.

 

Oleh karena itu setiap sengketa yang berkaitan dengan karya jurnalistik baik yang ditayangkan media cetak, media siber, maupun lembaga penyiaran, hanya bisa diselesaikan di Dewan Pers.

 

“Ini untuk memastikan bahwa kerja jurnalistik yang profesional, berkualitas, dan bertanggungjawab dapat berlangsung independen tanpa intervensi dari pihak manapun,” ujarnya.

 

Mantan Wakil Presiden Confederation of ASEAN Journalists (CAJ) ini mendesak DPR RI untuk mengkaji kembali RUU Penyiaran dan menyeleraskannya dengan UUD 1945 dan UU 40/1999 tentang Pers.[]

Juniardi Ingatkan Pimpinan Media dan Wartawan Jadi Tim Sukses Pilkada Wajib Mundur

Lampung24jam.com|Bandar Lampung-Dewan Pakar Jaringan Serikat Media Siber (JMSI) Provinsi Lampung Juniardi SH MH mengingatkan pimpinan media dan wartawan yang maju sebagai kontestan dalam kontestan Pilkada 2024, terutama di Provinsi Lampung wajib mundur atau cuti dari profesi sebagai wartawan dan perannya di media pers.

Karena, kata Juniardi, Dewan Pers sudah mengeluarkan surat edaran mengenai posisi media dan netralitas wartawan. Dewan Pers sudah berulang mengimbau awak media melepaskan profesi sebagai wartawan jika ingin mencalonkan diri dalam pilkada.

“Mencermati perkembangan menjelang pelaksanaan Pilkada 2024, ditemukan ada sejumlah media massa dan wartawan partisan. Maka, perlu kita ingatkan kembali tentang peran pers dalam rangka menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak masyarakat mendapatkan informasi berkualitas dan adil,” kata Juniardi, saat diminta tanggapannya soal netralitas media pers di Pilkada 2024.

Menurut mantan Ketua Komisi Informasi Provinsi Lampung ini, mencalonkan diri sebagai kepala daerah, ataupun tim sukses paslon ialah hak setiap warga negara, termasuk wartawan. Namun wujud keterlibatan dalam kontestasi politik tersebut akan mempengaruhi netralitas wartawan.

“Jadi wartawan yang berkecimpung dalam dunia politik berpotensi berpihak pada kepentingan politik pribadi dan golongannya. Hal ini bertentangan dengan kode etik jurnalistik yang mengedepankan netralitas dan kepentingan publik. Karena itu, ketika seorang wartawan memutuskan menjadi calon kepala daerah atau wakil, serta tim sukses, yang bersangkutan telah kehilangan legitimasi untuk kembali pada profesi jurnalistik,” katanya.

Menurut Juniardi, Dewan Pers menegaskan dalam Surat Edaran Nomor 02/SE-DP/II/2014 tentang Independensi Wartawan dan Pemuatan Iklan Politik di Media Massa dan Seruan Dewan Pers Nomor 01/Seruan-DP/X/2015 tentang Posisi Media dan Imparsialitas Wartawan dalam Pilkada 2015. Dalam surat edaran tersebut, Dewan Pers mengimbau wartawan yang maju ke pilkada, pileg, ataupun menjadi tim sukses segera nonaktif sebagai wartawan dan mengundurkan diri secara permanen.

Sedangkan dalam Surat Edaran No 01/SE-DP/I/2018 tentang Posisi Media dan Imparsialitas Wartawan dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Dewan Pers kembali menegaskan peran pers dalam rangka menjamin kemerdekaan pers dan untuk memenuhi hak masyarakat mendapatkan informasi yang berkualitas dan adil. Terbaru Surat Edaran Dewan Pers Nomor 01/SE-DP/XII/2022 Tentang Kemerdekaan Pers yang Bertanggung Jawab Untuk Pemilu 2024 yang Berkualitas.

Point point penting dalam edaran itu adalah pertama Pers nasional melaksanakan peranannya memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui (Pasal 6 Butir a, UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers). Kedua Pers nasional melaksanakan peranannya mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar (Pasar 6 Butir c UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers)

Ketiga, Pers nasional melaksanakan peranannya melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum (Pasar 6 Butir d UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers), dan keempat Pers nasional melaksanakan peranannya memperjuangkan keadilan dan kebenaran (Pasal 6 Butir e UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers)

“Kita sudah berkali kali diingatkan oleh dewan pers, bahwa para insan media untuk menjaga independensi dalam peliputan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada termasuk tahun 2024 ini. Karena dalam proses pemilu peran media sangat penting untuk menjaga independensinya. “Dewan pers menyatakan insan media yang terlibat dalam kontestan atau menjadi tim sukses mohon untuk mengundurkan diri sejenak sebagai wartawan atau terkait pers,” kata Juniardi

Intinya,kata Juniardi, dua hal penting yang fungsi pers dalam Pilkada diantaranya memberikan kepercayaan kepada publik. Karena dari berbagai temuan media masih menjadi rujukan masyarakat dalam informasi dan pemberitaan. Dan saat Pilkada 2024 ini, insan pers dapat memberikan informasi kepada masyarakat secara utuh, berimbang, profesional, guna menjaga kepercayaan masyarakat kepada media. “Karena kita sepakat bahwa fungsi pers dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada,” kata Pimred sinarindonesia.id dan sinarlampung.co ini.Lapor Dewan Pers

Juniardi menambahkan masyarakat dapat melaporkan jurnalis yang menjadi tim sukses bagi pasangan calon (paslon) peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 ke Dewan Pers. Cara melaporkannya pun sangat mudah. Pelapor cukup membuka situs resmi Dewan Pers yakni www.dewanpers.or.id.

Cara lainnya, pelapor bisa mengirimkan pengaduannya ke Dewan Pers melalui alamat surat elektronik (surel/email). Alamat surel ada pada situs resmi Dewan Pers. “Tim Dewan Pers pasti akan mengecek apakah laporan ini benar apa fitnah. Bila benar akan ditindaklanjuti. Bila ada wartawan yang dilaporkan menjadi tim sukses, biasanya Dewan Pers akan mengirimkan surat ke perusahaannya agar yang bersangkutan sebaiknya non aktif sebagai wartawan,” katanya. (Red)

Sat Narkoba Polres Metro Amankan Remaja Pengguna Sinte

Lampung24jam.com| Polres Metro Polda Lampung – Satuan Reserse Narkoba Polres Metro melakukan penangkapan dua remaja penyalahguna narkotika jenis tembakau sintetis yaitu AS (18) dan AF (17), keduanya merupakan warga Kecamatan Metro Utara Kota Metro.

Kapolres Metro Polda Lampung AKBP Heri Sulistyo Nugroho S.IK, M.IK melalui Kasat Narkoba Polres Metro IPTU Hendra Abdurahman S.Sos, M.H mengungkapkan “kronologi penangkapan kedua remaja tersebut berawal dari informasi masyarakat yang mengatakan bahwa adanya dugaan tindak pidana penyalahgunaan narkoba di sebuah rumah yang beralamatkan di Kelurahan Metro Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro.”

Mendapatkan informasi tersebut, Personil Sat Narkoba Polres Metro Pada hari Rabu tanggal 01 Mei 2024 sekira jam 02:30 Wib langsung menuju lokasi yang di sebutkan oleh masyarakat, sesampainya di lokasi, petugas langsung bertemu dengan kedua remaja tersebut dan petugas melihat keduanya tampak panik akan kedatangan polisi, Selanjutnya petugas segera melakukan penggeledahan terhadap badan dan pakaian keduanya serta rumah / tempat tertutup lainnya dan ditemukan 1 (satu) buah plastik klip bening ukuran kecil yang berisi daun-daun kering yang diduga narkotika jenis tembakau gorila (sintetis) dengan berat kotor 0,60 gram.

Saat ini keduanya berikut barang bukti telah diamankan ke Polres Metro guna proses Penyidikan lebih lanjut dan guna mempertanggung jawabkan atas perbuatannya.(**)

Tekab 308 Presisi Polres Metro Berhasil Amankan Pelaku Penipuan Dan Penggelapan

Lampung24jam.com|Lampung / Polres Metro, Team Tekab 308 Presisi Sat Reskrim Polres Metro berhasil Ungkap Kasus Perkara tindak pidana Penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam bunyi Pasal 378 dan atau 372 KUHPidana. Jumat (26/04/2024) kemarin.

Kapolres Metro Polda Lampung AKBP Heri Sulistyo Nugroho S.IK, M.IK melalui kasat Reskrim IPTU Rosali S.H, M.H menyebutkan terduga tersangka berinisial AK (23) warga Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.

Kasat juga menjelaskan kronologi awal kejadian bermula pada hari Jum’at Tanggal 09 Februari 2024 pukul 16.00 Wib, Terduga tersangka AK datang ke rentalan Ely rental dengan tujuan untuk ngerental/sewa mobil, Setelah deal terduga pelaku membawa kendaraan mobil jenis SUZUKI ALL NEW R3 milik rental, tetapi dari tanggal 09 Februari 2024 sampai dengan 09 Maret 2024 hingga saat ini mobil tidak di kembalikan berikut uang rental tidak di berikan kepada pihak rental An. Ely Yuliani. Kemudian pihak korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Metro.

Berdasarkan Laporan Polisi nomor : LP/B/124/IV/2024/SPKT/POLRES METRO/POLDA LAMPUNG, tanggal 19 April 2024 yang di buat oleh korban An.Ely, Sat Reskrim Polres Metro melakukan serangkaian penyelidikan hingga penyidikan dan pada hari Jum’at tanggal 26 April 2024 Tim Tekab 308 Presisi Polres Metro mendapatkan informasi tentang keberadaan terduga pelaku penipuan atau penggelapan dan 1 (satu) unit R4 Merk Suzuki All New R3 Gl-At warna putih tahun 2019, Nopol : BE 1640 FH Noka: MHYANC22SKJ114991 Nosin : K15BT1075517, yang mana berdasarkan informasi terduga pelaku penipuan atau penggelapan dan kendaraan tersebut sedang berada di Desa Banarjoyo Kec. Batang Hari Kab. Lampung Timur.

Selanjutnya Tim Tekab 308 Presisi Polres Metro melakukan penyelidikan atas informasi tersebut, kemudian sekira pukul 20.00 Wib berhasil melakukan pengamanan terhadap terduga pelaku AK dan 1 (satu) unit R4 Merk Suzuki All New R3 Gl-At warna putih tahun 2019, Nopol : BE 1640 FH Noka: MHYANC22SKJ114991 Nosin : K15BT1075517 berikut kunci kontak dan 1 (satu) buah STNK A.n. LIZA RAHMADANI dan kendaraan tersebut berada di kediaman terduga pelaku di Kecamatan Batang Hari Kabupaten Lampung Timur, kemudian terduga pelaku dan barang bukti dibawa ke Polres Metro guna Penyidikan Lebih Lanjut.(Fery)

Hanan A Rojak : Minta Do’a dan Dukungan Pada warga Lampung Untuk Maju Di Pilgub 2024

Lampung24jam.com |Bandar Lampung – Bakal Calon Gubernur Lampung (Bacagub) Hanan A. Rojak minta doa dan dukungan pada warga Lampung untuk maju di Pilgub 2024 mendatang.
Politisi Golkar ini mengaku siap membawa Lampung lebih baik lagi.
“Mohon doa, mohon perhatian untuk Lampung Maju terwujud. Kasih kesempatan saya mimpin Lampung,” kata Hanan, saat Halal Bihalal “Lampung Fitri 2024, yang dihelat Jaringan Serikat Media Siber (JMSI) Lampung di Spark Hotel, Bandar Lampung, Sabtu, (27/4/24).

Anggota DPR RI Dapil Lampung ini mengatakan jika ia terpilih menjadi Gubernur Lampung kelak, dirinya akan melanjutkan pembangunan Kotabaru di Lampung Selatan yang mangkrak. Kotabaru dulunya dibangun untuk kantor pusat pemerintahan Lampung.
“Saya akan selamatkan aset Kotabaru yang mangkrak, padahal anggaran hampir Ro600 miliar,” ucap Wakil Bendahara Umum DPP Golkar ini.

Mantan Bupati Tulang Bawang ini mengaku pasca mendapatkan surat tugas dari DPP Golkar untuk maju sebagai bakal calon gubernur Lampung langsung ‘tancap gas’. Pun berkordinasi dan konsultasi dengan banyak pihak, dan banyak yang mendukung, dan siap kerja untuk dirinya.
“Insya Allah nama saya yang keluar rekomendasi calon gubernur Lampung dari Golkar, saja maju calon gubernur Lampung, saya terimakasih dikasih panggung ini,” ucapnya.

Ketua JMSI Lampung, Ahmad Novriwan mengatakan, untuk menciptakan situasi yang kondusif di tahun politik terlebih menjelang Pilkada, JMSI siap memberikan kontribusi dengan menyajikan berita-berita yang mengedukasi dan mencerdaskan agar situasi politik di Lampung kondusif.

“JMSI di Lampung komitmen menciptakan situasi politik yang kondusif dengan memberikan pemberitaan yang positif. Kami berharap semua dukungan dari berbagai pihak,” kata Novriwan. (JMSI)

Bakal Seru!!! Dua Tokoh Ini Bakal Maju Di Pilkada Kota Metro

Lampung24jam.com | Kota Metro – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November2024, telah dimulai. Di Kota Metro, Provinsi Lampung bakal lebih berwarna dari Pilkada sebelumnya. Bagaimana tidak, beredar luas sederet nama yang bakal maju sebagai Bacalon ataupun Calon Kandidat Pilkada Kota Metro 2024, selain pejabat incumbent.

Bicara soal Pemilu, tentunya segi ketokohan sosok, di mata masyarakat menjadi salah satu ujung tombak. Tentunya, menjadi modal utama dalam sebuah persaingan mencari simpati masyarakat atau pemilih, tanpa harus sibuk mengenalkan diri mencari simpati masyarakat, dan atau sibuk menjelaskan diri kepada masyarakat dengan cara apapun untuk mempercayai dan memilih.

Ketokohan sosok menjadi simbol sebuah produk politik. Secara ilmiah, ketokohan sangat dominan dalam memengaruhi pemilih adalah produk representasi dari ketokohan dan kepribadian calon atau kandidat itu sendiri. Inilah yang disebut “Faktor Leader Driven”.

Pemilukada 2024 untuk Kota Metro, dimungkinkan dua orang tokoh Kota Metro, Hi.Tondi Muammar Gaddafi Nasution, ST dan Ahmad Khuseini, M. Pd.di mungkinkan akan jadi pasangan kandidat Bacalonkada Kota Metro yang tidak bisa di anggap remeh.

Keduanya telah sejak lama intens komunikasi dan memang telah lama menjadi partner kerja di legeslatif.

Hi.Tondi Muammar Gaddafi Nasution sendiri kini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Metro dari Partai Golkar. Sementara Ahmad Khuseini, M.Pd. menjabar sebagai Wakil Ketua II DPRD Kota Metro, yang juga Ketua DPD PKS Kota Metro.

Kepiawaian dan ketokohan kedua sosok ini, sangat dikenal masyarakat. Terlebih, keduanya baru saja memperoleh kemenangan dalam pertarungan Pileg 2024 kemarin, dengan perolehan suara cukup besar.

Keduanya juga, sama – sama telah mendapat mandat atau rekom dari Partai, untuk maju pada Pilkada 2024. Tak salah, jika sebagian besar masyarakat Kota Metro mendukung dan memilih memenangkan Pilkada Kota Metro.

Figur kedua tokoh ini, memang sangat di harapkan maju oleh para tokoh dan warga masyarakat Kota Metro. Peluang kedua tokoh ini, sama besar menduduki kursi Metro 1 dan Metro 2. Dimana kekuatan mesin partai keduanya (Golkar dan PKS) cukup besar dan militan.

Kesiapan kedua tokoh ini pun, secara gamblang di utarakan kepada media ini.

Hi.Tondi Muammar Gaddafi, ST mengaku, siap maju di Pilkada 2024. Dirinya pun telah intens komunikasi dengan Ketua DPD PKS, Ahmad Khuseini bersama – sama maju di Pilkada untuk memenangkannya bersama warga masyarakat, untuk membangun Kota Metro lebih baik lagi dan maju.

Sementara itu, Ahmad Khuseini, M.Pd. mengaku, sola Pilkada Kota Metro 2024, tentu dirinya bersama PKS ditugaskan partai untuk maju di Pilkada Kota Metro 2024.

Sejauh ini, sudah ada beberapa tokoh telah membangun Komunikasi. Akan tetapi, paling intens dengan Hi.Tondi dan telah melakukan beberapa kai pertemuan.

“Dengan Pak Tondi, kami bersuda sudah intens berkomunikasi. Dan memang sudah mitra atau partner kerja sebagai anggota dewan. Terakhir hari ini, lebih kurang 3 jam berbincang, pada dasarnya Bismillah, beliau siap Maju dan kami juga siap maju,”kata Khuseini.

“Terlepas apakah bersama, seperti apa nantinya, intinya kami siap maju di Pilkada Kota Metro. Mudah-mudahan ada banyak pertolongan. Intinya kami berjuang, akan ada perubahan yang kami wujudkan di Kota Metro yang kita cintai supaya masyarakat merasakan nyaman, tentram, dan tentunya bahagia,”imbuhnya.

Terkait penentuan posisi Bacalon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Metro nantinya, Hi.Ahmad Khuseini mengaku, pihaknya pada prinsipnya ikut bagaimana Hi.Tondi MG Nasution.

Kalau Hi.Tondi di M 1, gak ada masalah, kami di M2 pun gak masalah, dan begitu sebaliknya. Karena kami, saya khususnya selama berinteraksi dengan bang Tondi gak ada persoalan apapun, berjalan baik, orangnya pun baik dan secara track recordnya pun orangnya baik dan siap memajukan Kota Metro.

“Dengan bang Tondi saya It’s Okay. Saya yakin dengan sosok beliau Metro ini akan lebih baik”ungkap Khuseini. (Red)

PD IWO Lampung Timur Gelar Bhakti Sosial Ramadan di Desa Margasari

Lampung24jam.com| Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Lampung Timur menyelenggarakan kegiatan bhakti sosial dengan tema “Ramadan Berbagi”. Acara ini berlangsung di Musala Kampung Nelayan, Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Selasa (2/04/2024).

Hadir dalam kegiatan bhakti sosial tersebut, Kasat Polairud AKP Yus Mawardi beserta jajaran Satuan Polisi Perairan dan Udara (Sat Polairud) Polres Lampung Timur, puluhan anak yang didampingi para orang tuanya, serta seluruh anggota IWO Lampung Timur.

Dalam kegiatan ini, berbagai jenis bantuan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di Desa Margasari.

Salah satu jenis kegiatan yang dilaksanakan adalah pembagian tas sekolah kepada anak-anak serta seperangkat alat tulis seperti buku dan pulpen.

Tujuan dari pembagian ini adalah untuk membantu meringankan beban keluarga dalam mempersiapkan kebutuhan pendidikan anak-anak di masa yang akan datang.

Tak hanya itu, PD IWO Lampung Timur juga memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu yang tinggal di desa tersebut.

Langkah itu diambil sebagai wujud kepedulian terhadap mereka yang kurang beruntung serta untuk memberikan semangat dan dukungan moral di bulan suci Ramadan.

Ketua PD IWO Lampung Timur Andono, menyatakan bahwa kegiatan Ramadan berbagi ini merupakan bagian dari komitmen mereka untuk turut serta dalam mempererat tali persaudaraan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, terutama di tengah suasana bulan Ramadan yang penuh berkah.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat membawa manfaat serta kebahagiaan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga apa yang kami lakukan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk juga melakukan kebaikan di sekitar mereka,” ujar Andono.

Acara “Ramadan Berbagi” ini juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat yang merasa terbantu dan dihargai atas kehadiran serta bantuan yang diberikan oleh IWO Lampung Timur.

“Semoga semangat kebersamaan dan kepedulian ini terus terjaga dan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Lampung Timur,” pungkasnya.

Usai Baksos dan bagi takjil, dilanjutkan dengan agenda silahturahmi hingga buka bersama dengan segenap para tokoh masyarakat di Kantor Sat Polairud Polres Lampung Timur.(**)

error: Dilarang Copy Paste, Jika Ingin Merilis Hubungi Admin. ThankYou