Hujan Lebat, Jembatan Lingga Pura-Negeri Jaya Selagai Lingga Amblas

220

Lampung24jam.com, Lampung Tengah – Tingginya curah hujan akhir-akhir ini membuat beberapa badan jalan mengalami pengikisan tanah, selain badan jalan jembatan yang pondasinya kurang kokoh juga rawan amblas atau ambrol seperti yang terjadi di kampung lingga pura kecamatan selagai lingga kabupaten lampung tengah.

Diduga terkikis aliran air jembatan penghubung Kampung Lingga Pura dengan Kampung Negeri Jaya, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah amblas.

Peristiwa amblasnya badan jalan di jembatan yang menjadi penghubung du kampung di Kecamatan Selagai Lingga, Lampung Tengah itu diketahui terjadi Minggu 24 Januari 2021 sekira jam 17.30 WIB.

Menurut Camat Selagai Lingga, Wagiyo atas kejadian itu selain menyampaikan kepada Dinas PUPR Kabupaten Lampung Tengah dirinya berencana akan melaksanakan kegiatan gotong royong dengan memuat jembatan sementara dari batang kelapa.

“Lokasinya di perbatasan Kampung Negeri Jaya dengan Kampung Lingga Pura, kejadi sekitar jam setengah enam. Panjang yang rusaknya sekitar lima meter dan lebar sekitar enam meter itu yang amblas,” kata Wagiyo.

Keberadaan jembatan itu menurutnya merupakan jalur penghubung antara Kampung Lingga Pura dengan Kampung Negeri Jaya, Nyukang Harjo dan Kampung Gedung Harta, Kecamatan Selagai Lingga, Lampung Tengah.

Lanjutnya, akibat ambalasnya jembatan tersebut jalur lalulintas masyarakat Kampung Lingga Pura menuju Kampung Negeri Jaya dan sekitarnya terputus. Untuk mengatasi itu Pemerintah Kecamatan Selagai Lingga bersama instansi terkait dan dibantu masyarakat mengalihkan jalur bagi pengguna jalan dari Kampung Lingga Pura, Gedung Aji dan Marga Jaya yang hendak keluar bisa melalui jalan tanjakan ringin Kampung Nyukang Harjo. Begitu pula warga yang dari Kampung Negeri Jaya bila akan ke Lingga Pura agar melalui jalan tanjakan ringin Kampung Nyukang Harjo.

“Besok pagi akan kami tinjau dan kami akan gotong royong membuat jembatan dari batang kelapa yang besifatnya sementara untuk lalu lintas warga yang menggunakan motor atau bagi pejalan kaki,” paparnya.

Selanjutnya atas musibah amblasnya jembatan tersebut masyarakat mengharapkan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Dinas PUPR agar bisa mengganggarkan biaya untuk perbaikan jembatan tersebut. (*) Sumber : realitalampung.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here